Sukses

Lifestyle

Desainer Nina Nikicio: Tentang Karier Fashion dan Peran Ibu

Jakarta Perempuan dituntut untuk multitasking. Tak hanya sibuk dengan urusan rumah tangga, perempuan juga punya pilihan untuk berkarya di luar melalui kariernya. Bukan hal yang mudah, memang. Namun, desainer Nina Nikicio membuktikan bahwa kariernya di industri fashion dan perannya sebagai ibu dari anak perempuannya yang berusia 2,5 tahun, Liziboo (dan calon bayinya karena ia tengah mengandung anak kedua) dapat dilakukan dengan seirama. Tak perlu ngoyo, karena “alon-alon asal kelakon” (pelan-pelan tapi terlaksana) adalah sesuatu yang wajar baginya kini.  

Tak heran, Nina terpilih menjadi bagian campaign #Bobobomom terbaru, yang menampilkan figur perempuan profesional yang mampu menyeimbangkan hidup pribadi mereka sebagai Ibu.

Perubahan apa yang dirasakan setelah punya anak dan bagaimana kamu menyikapinya?

Semuanya berubah setelah punya anak. Caramu melihat hidup perlahan berubah, karena saat single, kamu bisa menikmati satu piring untuk dirimu sendiri dan kamu bebas menjadi egois. Tapi ketika kamu punya anak, piring itu bukan milikmu satu-satunya karena kamu harus memprioritaskan anakmu.

 

Kapan kamu merasa paling bangga menjadi ibu?

Saat anakku tertawa.

 

Ada yang kamu cinta dan benci dari peran sebagai ibu?

Aku nggak suka semua yang aku cinta sebagai ibu. Repot, pusing, dan memacu hormon. Tapi aku sadar aku jadi lebih sabar dan suka berbagi.

 

Apa pencapaian terbesarmu sebagai ibu?

Jadi ibu sudah jadi pencapaian buatku.

 

Selain jadi ibu, apa yang kamu lakukan sehari-hari?

Aku adalah founder sekaligus creative director dari brand fashion NIKICIO, yang artinya aku menangani bagian kreatif dari bisnis ini, tapi aku juga mencoba agar semua hal di perusahaan ini dapat berjalan lancar.

 

Perjuangan apa yang kamu hadapi saat menjalani karier dan peran sebagai ibu?

Aku harus menerima kalau perkembangan semua hal jadi lebih lambat dari biasanya karena aku harus mengutamakan keluarga. Aku juga harus menerima bahwa aku butuh lebih banyak pertolongan, dukungan, dan pengakuan akan kelemahanku supaya perusahaan makin tumbuh kuat. Tantangannya lebih ke jadi kurang mengurus sisi kreatif di pekerjaan.

 

Ada lagu yang mengingatkanmu dengan si kecil?

Setiap lagu anak mengingatkanku pada Lizi, tapi belakangan ia suka lagu “Row Row Row Your Boat” dalam 10 versi berbeda. Tips wonder mom: saat kamu harus menyelesaikan sebuah pekerjaan, mainkan lagu ini berulang-ulang untuk si kecil, dan lakukan pekerjaanmu.

 

Hal apa yang ingin kamu pelajari, namun belum sempat melakukannya?

Menyeimbangkan karier dan peran sebagai ibu. Jujur saja, hidupku benar-benar selalu nggak seimbang. Rasanya tuh seperti punya sejuta hal yang harus dilakukan di waktu yang sangat sempit.

 

Outfit seperti apa yang dipakai saat jalan-jalan bersama Lizi?

Nggak pakai sepatu berhak tinggi, tentu saja. Aku suka lihat Lizi pakai summer dress. Tapi aku membiarkannya memakai baju yang ia suka dan sejauh ini sih seleranya sangat bagus.

 

Punya rahasia tetap tampil percaya diri?

Lizi. Jika dia mencintaiku apa adanya, maka nggak ada yang perlu dipermasalahkan.

 

Punya satu kalimat untuk menggambarkan peran ibu?

Motherhood rocks!

Image: bobobobo.com

Loading