Sukses

Lifestyle

Jadi Solo Traveler? Siapa Takut! Ini 5 Tipsnya

Saat rutinitas terasa begitu menjemukan, bisa jadi Anda membutuhkan liburan. Tak ada teman untuk melakukan travelling? Jangan takut, Ladies. Saat ini banyak perempuan yang melakukan perjalanan jauh seorang diri, lho. Dengan bekal dan persiapan yang baik, maka pergi seorang diri melakukan petualangan pun, tak jadi masalah. Dilansir oleh allwomenstalk.com, berikut 7 tips melakukan solo travelling:

Persiapkan dengan baik

Bukan hanya sekedar pengingat, tips keamanan yang sangat utama dalam melakukan solo travelling adalah Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya secara detil sebelum meninggalkan rumah. Misalnya, simpanlah copy passport dan visa Anda, informasi ATM dan credit card, sertifikat kelahiran dan dokumen-dokumen penting lain. Jangan lupa juga untuk memberikan salinan dokumen ini kepada anggota keluarga terpercaya Anda agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan, Anda dapat dengan mudah mengurusnya.

Mempelajari bahasa lokal

Anda tak perlu bisa berbahasa Thailand dengan fasih, tetapi setidaknya pelajarilah beberapa frase penting, misalnya ucapan selamat, angka, pertanyaan-pertanyaan praktis (arah toilet terdekat atau bagaimana mencapai perhentian bus terdekat). Dengan mempelajari bahasa lokal, Anda juga telah merebut hati penduduk lokal, lho. Wah, hebat bukan?

Waspada

Selalu menyadari lingkungan sekitar Anda. Ini akan mencegah Anda dari tindak kejahatan. Hindari terlihat kebingungan dan canggung karena penjahat akan lebih mudah menjadikan Anda target. Sebaliknya, jangan mudah terpancing oleh kekacauan yang mungkin dengan sengaja diciptakan oleh pencuri untuk menunggu Anda lemah dan membawa kabur barang Anda.

Menyatulah dengan kelompok lain

Sekalipun Anda adalah solo traveler yang mandiri, tetapi bukan berarti Anda menghindari kegiatan yang berkelompok. Ada situasi-situasi dimana akan lebih baik jika Anda pergi bersama kelompok Anda. Misalnya, mendaki gunung atau mengunjungi daerah terpencil. Anda akan lebih aman dan selamat jika bergabung dalam kelompok.

Bergabunglah dengan penduduk lokal

Cobalah untuk berbaur dengan penduduk lokal. Sebelum berangkat, sebaiknya Anda mencari tahu tentang adat-istiadat dan kebiasaan para penduduk lokal.

Tips keselamatan untuk para solo traveler perempuan adalah kombinasi dari mawas diri dan saran dan para traveler yang berpengalaman yang telah belajar selama bertahun-tahun. Apakah Anda berani melakukan perjalanan sendirian? Ataukah Anda pernah melakukannya? Bagikan cerita Anda dalam kolom komentar di bawah ini yuk, Ladies.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading