Sukses

Lifestyle

Tunggu Dulu! Jangan Layangkan Surat Pengunduran Diri Sebelum...

Keluar dari pekerjaan yang sekarang? Anda yakin?

Keputusan untuk keluar dari pekerjaan, apalagi pekerjaan yang sudah membesarkan dan mengembangkan diri Anda, bukanlah hal yang mudah. Harus ada banyak pertimbangan yang dipikirkan dengan serius. Di Amerika Serikat, seperti yang dilansir oleh time.com, the Wall Street Journal menuliskan bahwa persentase orang yang keluar dari pekerjaan dengan sukarela ada sebanyak 2,4 juta orang.

Beberapa hal berikut ini perlu Anda renungkan terlebih dahulu sebelum akhirnya Anda benar-benar melayangkan surat pengunduran diri Anda.

Apakah Anda membenci pekerjaan Anda?
Melakukan pekerjaan yang Anda benci atau yang tidak Anda sukai bisa menyiksa Anda. Anda perlu melihat kembali rencana jangka panjang Anda dan mimpi-mimpi apa saja yang ingin Anda raih dalam hidup ini. Jika sekiranya pekerjaan Anda kali ini tidak membantu Anda untuk mewujudkan impian Anda dan hanya menyiksa Anda, keputusan Anda untuk mengundurkan diri bisa dibilang sudah tepat.

Apakah Anda yakin bisa lebih baik di tempat kerja yang lain?
Terkadang seseorang tidak bisa berkembang karena kemampuannya tidak bisa berjalan seiringan dengan sistem organisasi perusahaan. Setiap perusahaan memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Jika selama enam bulan pertama Anda bekerja dan merasa Anda tidak bisa mengikuti atau tidak cocok dengan budaya perusahaan tersebut, Anda bisa segera memutuskan untuk mengundurkan diri. Selain itu, akan lebih baik jika Anda sudah benar-benar menemukan tempat kerja yang jauh lebih baik sebelum Anda memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda yang sekarang.

Apakah tempat kerja yang sekarang tidak menghargai pendapat atau keahlian Anda?
Bos yang bertindak sesuka hati. Tumpukan pekerjaan yang berlebihan tanpa uang lembur. Anda diminta melakukan sesuatu yang melanggar hukum dan mengganggu kepentingan orang banyak. Gaji yang Anda dapat masih jauh di bawah standar yang ditetapkan. Alasan-alasan seperti itu bisa jadi memperkuat alasan Anda untuk segera keluar dari pekerjaan Anda.

Apakah perusahaan tempat Anda bekerja sekarang dalam kondisi tidak stabil?
Ketika Anda sudah merasa ada yang tidak beres dengan perusahaan Anda dan sepertinya perusahaan Anda tidak akan bertahan lama, memang sebaiknya Anda segera mencari tempat kerja baru. Ya, mungkini ini seperti hal yang tidak etis untuk dilakukan. Tetapi jika Anda yakin kemampuan Anda masih dibutuhkan di tempat lain dan Anda mampu berbuat yang lebih baik, tidak ada salahnya dicoba, bukan?

Apakah Anda sudah tahu yang benar-benar Anda mau?
Keluar pekerjaan hanya karena merasa tersinggung oleh ucapan salah satu rekan kerja bukanlah alasan kuat untuk keluar dari pekerjaan Anda yang sekarang. Sekali lagi, Anda harus meninjau ulang tujuan hidup Anda dan mimpi Anda. Sekali mengambil keputusan, Anda harus berani mengambil semua risiko dan konsekuensi yang ada.

Jadi, sudah yakin untuk melayangkan surat pengunduran diri sekarang juga?



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading