Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatur Waktu bagi Perempuan Sibuk agar Tak Gampang Stres

Fimela.com, Jakarta Dengan kesibukan dan rutinitas yang padat, seorang perempuan bisa sangat rentan mengalami stres. Kesulitan mengatur waktu bisa jadi pemicu stres. Bahkan rasanya waktu 24 jam sehari itu tidak cukup. Maka dari itu, di sinilah pentingnya memiliki kemampuan mengatur waktu dengan lebih baik lagi.

Bagaimana cara mengatur waktu yang baik? Ada banyak sekali cara yang bisa dicoba. Berikut ini lima cara sederhana yang bisa langsung kamu coba dan langsung dipraktikkan untuk membangun manajemen waktu yang lebih tertata rapi.

1. Miliki Jurnal Harian

Kadang yang membuat kita merasa stres adalah karena bingung harus melakukan apa di rentang waktu apa. Maka dari itu, penting kita memiliki jurnal harian. Dalam jurnal tersebut kita bisa membuat daftar kegiatan dan periode waktu pengerjaannya, serta mencatat semua tenggat waktu yang ada. Dengan begini, setidaknya kita tidak gampang bingung atau panik ketika akan memulai hari.

2. Buat Jadwal Jeda Istirahat yang Seimbang

Mengatur jadwal kerja bukan berarti memenuhi semua waktu untuk rutinitas yang berkaitan dengan pekerjaan. Atur juga waktu dan jeda untuk istirahat. Kalau semua jadwal dipadatkan hanya untuk bekerja dan beraktivitas, kita akan rentan mengalami stres karena kelelahan. Karena itu selalu tetapkan juga waktu atau pukul berapa saja kita butuh istirahat di sela-sela kesibukan.

3. Dahulukan Prioritas yang Paling Mendesak

Tidak semua hal atau pekerjaan dikerjakan dalam satu waktu bersamaan. Kerjakan satu per satu sesuai porsinya. Dahulukan prioritas yang paling mendesak dan penting. Secara bergantian selesaikan satu urusan bergantian. 

4. Hindari Multitasking jika Terlalu Memberatkan

Mengutip buku Company of One, Gloria Mark, profesor di Departemen Informatika di Universitas California menemukan bahwa bahwa untuk setiap gangguan, butuh waktu sekitar 23 menit dan 15 detik untuk kembali berkonsentrasi pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Jadi, bisa dibayangkan kan kalau dalam mengerjakan sesuatu kita terus mendapat gangguan atau disela untuk banyak hal lainnya, maka yang terjadi kita akan butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas utama. Kalau kamu merasa kewalahan saat multitasking, maka hindari saja. Coba fokus untuk single-tasking agar daya konsentrasi tidak mudah terpecah dan tidak gampang lelah.

5. Buat Batasan

Maksudnya, urusan pekerjaan dan pribadi perlu diberi porsi masing-masing. Beri batasan dan prioritas yang cukup. Ada baiknya tidak mencampurkan semua keperluan dan urusan secara bersamaan. Misalnya, ada jam-jam yang sepenuhnya kamu fokuskan untuk urusan keluarga sehingga pada periode waktu tersebut kamu tidak perlu sibuk dengan pekerjaan.

Apakah Sahabat Fimela punya saran atau mungkin tips lain? Semoga info di atas bermanfaat, ya.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Alasan Tak Harus Disukai Semua Orang untuk Hidup Bahagia
Artikel Selanjutnya
5 Cara Menemukan Kebahagiaan dalam Pekerjaan