Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Kartu SD Tidak Terbaca yang Sering Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Beberapa smartphone memiliki data tambahan atau memori eksternal yang digunakan. Penyimpanan tambahan ini atau biasa kita kenal yaitu kartu SD, tentu hal ini memiliki fungsi untuk menyimpan dokumen, foto, video, maupun Mp3.

Adanya memory card ini dangat membantu bagi pengguna smartphone, karena dapat menyimpan memory seperti applikasi yang akan kamu install. Selain itu manfaat dari kartu SD juga agar tidak smartphone kamu tidak lemot saat digunakan.

Ternyata saat kamu mencoba untuk memasukkan kartu SD ke smartphone biasanya akan terbaca dan tidak, saat kartu SD tidak terbaca di smartphone tentu akan membuat kamu kesal. Untuk itu kamu perlu tahu apa saja penyebab kartu SD di smartphone tidak terbaca:

 

1. Fisik Kartu SD Rusak

Penyebab yang paling utama kartu SD kamu tidak terbaca adalah adanya kerusakan fisik, hal ini tentu dapat membuat kerusakan secara permanen maupun data yang terdapat di dalam kartu SD hilang. Memang hal ini sulit untuk diperbaiki, tapi kamu dapat datang ke konter untuk memastikan bahwa kartu tersebut dapat diperbaiki atau tidak.

2. Kartu SD Tertekan

Saat kamu memansang kartu SD perhatikan dengan baik dan tepat, jangan sampai membuat kartu tersebut tertekan terlalu dalam. Pemasangan micro SD yang mungkin kamu gunakan akan membuatnya mudah bergeser dan membuat kartu tersebut tidak terbaca.

3. Terdapat Kotoran

Selanjutnya kamu juga perlu memperhatikan kebersihan smartphone yang kamu gunakan, detal-detail pada smartphone tentu sangat kecil dan sulit untuk di bersihkan.

Hal ini juga akan membuat kartu SD kamu tidak terbaca ketika ada kotoran yang menumpuk saat kamu memasukkan kartu SD, selain itu kamu juga perlu memperhatikan ada kotoran atau tidak di kartu SD yang kamu gunakan.

4. Terdapat Virus pada Kartu SD

Salah satu penyebab kartu SD yang kamu gunakan tidak terbaca karena adanya virus. Hal ini cukup mudah untuk diatasi, karena kamu dapat menghapus virus pada memori.

Meskipun terkadang virus pada smartphone sulit untuk dideteksi tapi kamu dapat mendownload beberapa applikasi untuk mengetahui virus yang terdapat di smartphone kamu.

5. Smartphone yang Rusak

Ini bisa menjadi salah satu penyebab kenapa kartu SD yang kamu gunakan tidak terbaca, selain kamu memeriksa dan membersihkan kartu SD yang kamu gunakan. Ada baiknya jika kamu mencari tahu apakah smartphone yang kamu gunakan menjadi salah satu penyebabnya?  Untuk mencari tahu kamu dapat ke konter untuk mencari kerusakan yang membuat kartu SD kamu tidak terbaca.

Kartu SD yang tidak dapat terbaca tentu akan membuat kita kesal dan mencari tahu apa sebenarnya penyebab kartu tersebut tidak terbaca, setelah kamu membaca artikel di atas semoga dapat menambah informasi kamu. 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Aneka Resep Terong Balado yang Gurih dan Lezat
Artikel Selanjutnya
Apa Penyebab Laptop Lemot yang Sering Terjadi? Cek Di Sini Untuk Mengatasinya