Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Sering Terbangun di Tengah Malam yang Bikin Khawatir

Fimela.com, Jakarta Hampir setiap orang akan terbangun di tengah malam hari, bagi beberapa orang masalah ini mungkin tidak mereka khawatirkan. Mungkin kamu akan terbangun di malam hari karena ingin buang air kecil, hal ini disebabkan oleh kita yang selalu minum sebelum tidur.

Ternyata terlalu sering terbangun di tengah malam bisa menjadi masalah yang serius terutama dapat mengganggu kualitas tidur yang baik. Tidur sendiri merupakan sebuah fungsi penting yang membantu untuk memulihkan tubuh setelah bekerja dan melakukan aktivitas seharian.

Ketika kamu tidak tidur dengan cukup maka akan membuat masalah kesehatan yang signifikan bahkan dapat mengganggu fungsi kognitif tubuh. Berikut beberapa penyebab sering terbangun di malam hari yang sering bikin khawatir:

1. Apnea Tidur

Sleep apnea merupakan salah satu penyebab paling umum yang mungkin kamu rasakan di tengah malam, hal ini biasanya dapat menyebabkan pernapasan dangkal dan membuat seseorang terbangun beberapa kali di malam hari. Berikut beberapa gejala dari sleep apnea yang mungkin kamu alami:

  • Sakit kepala di pagi hari.
  • Terengah-engah di malam hari.
  • Kelelahan di siang ahri.
  • Kesulitan berkonsentrasi di siang hari.

2. Kecemasan, Depresi, atau Kekhawatiran

Kecemasan dan Depresi ternyata dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia. Insombia ternyata dapat terjadi karena kondisi satu ini yaitu kecemasan maupun depresi. Seseorang yang mengalami kecemasan dan depresi biasanya merasakan sulit untuk menangkan pikiran atau mungkin menghentikan proses berpikir.

3. Insomnia

Insomnia merupakan suatu kondisi dimana seseorang merasa sangat sulit untuk tetap tidur, selain itu hal ini biasanya terjadi karena ia merasa kelelahan di siang hari. Insomnia juga berkaitan dengan depresi dan kecemasan yang dapat menjadi suatu penyebab dan gejala dari kondisi tersebut.

4. Kebutuhan untuk Buang Air Kecil

Dorongan untuk buang air kecil ternyata dapat membangunkan kita di malam hari, meskipun beberapa orang dapat mencegahnya ternyata mengurangi asupan cairan di malam hari dapat meredakan masalah satu ini. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan buang air kecil di malam hari adalah:

  • Kehamilan.
  • Pembesaran prostat.
  • Diabetes.
  • Prolapse kandung kemih.
  • Beser.
  • Beberapa obat.

5. Terlalu Panas

Tidur memang paling enak jika berada di suhu tubuh yang dingin, terkadang suhu tubuh seseorang bisa menjadi terlalu tinggi. Banyak orang yang menginginkan kamar tidur hangat, tetapi jika kita tidur berapa di ruangan hangat yang memiliki suhu hangat hingga panas dapat membuat tubuh kepanasan atau mungkin akan terbangun di malam hari.

6. Penggunaan Layar

Penggunaan layar terlalu intensif seperti bermain smartphone sebelum tidur dapat mengganggu masalah tidur, mungkin beberapa perangkat pasif seperti televisi tidak terlalu berdampak pada gangguan tidur di malam hari. Tetapi, beberapa perangkat yang aktif seperti smartphone, game, dan laptop dapat memberikan dampak dan membuat seseorang terbangun di malam hari.

7. Gangguan Pencernaan

Makan terlalu banyak atau mengkonsumsi makanan yang pedas di waktu yang berdekatan dengan jam tidur dapat memberikan masalah tidur. Gangguan pencernaan sendiri dapat menyebabkan kembung dan tidak nyaman serta menghasilkan gas yang membuat seseorang kesulitan untuk tertidur atau mungkin terbangun di malam hari.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terbangun di malam hari bahkan saat tidur, untuk itu maka pilihlah tempat yang nyaman. Faktor dari terbangun di tengah malam tentu membuat kita tidak nyaman, ada baiknya jika kamu dapat memberikan waktu 20 menit sebelum tidur untuk rileks.

Loading