Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Anyang-Anyangan, Perhatikan Gejalanya

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami anyang-anyangan? Ayang-ayangan merupakan salah satu istilah medis bagi seseorang yang mengalami adanya gangguan saat mereka buang air kecil. Tentu gangguan ini dapat membuat seseorang tak nyaman dan merasa kesulitan saat buang air kecil.

Biasanya anyang-anyangan menyerang pada saluran kandung kemih dan menjadi salah satu penyebab terjadinya infeksi saluran kemih (ISK). Jika kamu mengalami hal seperti ini tentu membutuhkan penanganan dokter agar daopat sembuh.

Meskipun hal ini merupakan salah satu keluhan yang kerap terjadi pada banyak perempuan, anyang-anyangan sendiri dapat menjadi masalah yang serius. Berikut beberapa penyebab anyang-anyangan yang dialami oleh banyak perempuan:

1. Infeksi Saluran Kemih

Salah satu penyebab anyang-anyangan yang dialami oleh seseorang adalah adanya infeksi pada saluran kemih atau (ISK). ISK dapat terjadi ketika bakteri berlebih menumpuk pada suatu tempat terutama pada bagian saluran kemih, hal ini juga dapat disebabkan oleh menahan pipis yang lama.

2. Batu Ginjal

Salah satu yang dapat menyebabkan anyang-anyangan adalah batu ginjal, hal ini dapat terjadi karena adanya kalsium maupun asam urat yang menumpuk dan membentuk batu didalamnnya. Batu ginjal sendiri biasanya akan tumbuh dekat urin dan masuk ke dalam kandung kemih sehingga akan membuat seseorang mengalami anyang-anyangan.

3. Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan salah satu contoh dari seseuatu yang berada di luar kandung kemih dan dapat menekan serta menyebabkan nyeri saat buang air kecil. Tak hanya itu kista ovarium juga dapat berkembang dan terletak pada kedua sisi kandung kemih. Bagi beberapa perempuan yang mengalami kista ovarium mungkin akan merasakan beberapa gejala di bawah ini:

  • Pendarahan vagina.
  • Nyeri panggul.
  • Hai yang terasa sakit.

4. Infeksi atau Iritasi Vagina

Infeksi vagina merupakan salah satu jenis vaginitis yang dapat terjadi karena adanya pertumbuhan bakteri maupun jamur yang berlebihan. selain itu vaginitis dapat menyebabkan seseorang mengalami anyang-anyangan dan beberapa gejala di bawah ini:

  • Keputihan.
  • Iritasi vagina.
  • Nyeri saat berhubungan.

5. Efek Samping Obat

Beberapa obat yang dikonsumsi tentu memiliki efek samping yang berbeda, ternyata ada salah satu jenis obat yang dapat mengiritasi serta membuat jaringan kandung kemih yang meradang. Kondisi satu ini ternyata dapat menyebabkan seseorang mengalami anyang-anyangan.

Nah, itulah beberapa penyebab seseorang mengalami anyang-anyangan yang kerap terjadi. Jika kamu mengalami beberapa gejala yang berkaitan dengan anyang-anyangan ada baiknya untuk periksa ke dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading