Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengurangi Rasa Takut Hadapi Masa Depan yang Tak Pasti

Fimela.com, Jakarta Makin sering overthinking tiap kali memikirkan masa depan? Makin merasa takut menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian? Dalam hidup, kadang makin dewasa diri kita, makin banyak hal yang kita pikirkan bahkan takutkan.

Bagi dirimu yang yang masih sering merasa takut menghadapi masa depan yang tidak pasti, ada sejumlah cara yang bisa dicoba agar hatimu bisa lebih tenang jalani hidup. Bisa dimulai dari langkah-langkah sederhana yang menurutmu paling mudah untuk dicoba.

 

 

1. Kenali Ketakutan Terbesarmu

Cari tahu dan kenali dengan lebih jelas ketakutan yang kamu rasakan. Setidaknya dengan mengenali ketakutanmu, kamu bisa melihat dengan jelas "wajah musuhmu" tersebut. Lalu, kamu bisa memilah dan memilih cara yang paling tepat untuk menghadapinya.

 

 

2. Antisipasi dengan Hal-Hal yang Bisa Kamu Upayakan

Kalau kamu takut tak bisa mendapatkan pekerjaan impian di masa depan, maka di masa kini kamu bisa coba untuk mulai membekali diri dengan mempelajari dan menguasai kemampuan yang dibutuhkan untuk bisa meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan impian tersebut. Setelah mengenali hal yang kamu takutkan, kamu bisa fokus melakukan hal-hal untuk mencegah ketakutan tersebut menjadi kenyataan. Setidaknya dengan menyibukkan diri ini, kamu tak lagi punya waktu untuk merasa takut berlebihan hadapi masa depan.

 

 

3. Lapangkan Dada Menerima Ketidakpastian yang Ada

Mengutip buku Apa yang kita Pikirkan ketika Kita Sendirian, "Ada sesuatu yang menghibur dalam ketidakpastian ini, ketika kita tidak mengetahui dengan pasti tentang realitas kehidupan, alam semesta, dan semua seluk beluknya, dan bahkan mempertanyakan jawaban yang dikemukakan orang-orang, tidak peduli seberapa meyakinkannya jawaban itu. Karena ketidakpastian ini membuat semua kemungkinan dapat dibayangkan. Tidak ada yang benar-benar hitam atau putih, tetapi semuanya merupakan bauran warna yang saling menyatu." Lapangkan dada untuk menerima ketidakpastian yang ada, agar dengan demikian kamu bisa lebih siap menerima berbagai kemungkinan dalam hidup.

 

4. Kenali Kelebihan dan Kekurangan Diri

"Ketidakpastian menimbulkan kecemasan. Ketidakpastian dan kecemasan berkaitan erat. Semakin kita cemas, semakin sulit kita menenggang ketidakpastian," tulis Matt Haig dalam bukunya, The Comfort Book saat membahas tentang ketidakpastian. Wajar jika kita merasa takut dan cemas menghadapi ketidakpastian sebab memang semuanya berkaitan. Agar tidak makin dilanda rasa takut berlebihan, kenali kelebihan dan kekurangan diri. Dengan mengenali diri, kita bisa lebih mudah menjalani hidup dengan lebih percaya diri.

 

 

5. Buat Rencana Hidup

Membuat rencana hidup bisa bantu mengurangi rasa takut berlebihan soal ketidakpastian masa depan. Setidaknya dengan memiliki rencana, kamu tahu harus melangkah ke mana. Rencana hidup menghadirkan harapan. Kalaupun kenyataan yang terjadi tak sesuai rencana, setidaknya sudah ada kepuasan batin sendiri tiap kali sudah memberanikan sendiri melakukan sesuatu dalam hidup.

Semoga kamu bisa tetap kuat bertahan menjalani hidup dengan sebaik mungkin, ya. Apresiasi setiap fase dan perjalanan hidup yang kamu lalui.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading