Sukses

Lifestyle

Cara yang Bisa Kamu Coba Untuk Mendapatkan Tidur yang Nyeyak dan Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Waktu tidur adalah hal yang sangat penting. Manusia paling tidak butuh tidur selama 7-9 jam sehari. Jika kebutuhan ini tidak tercukupi, maka bisa menimbulkan permasalahan pada fisik maupun mental.

Tidak jarang ada beberapa orang yang kesulitan tidur atau bisa disebut juga dengan sebutan insomnia. Insomnia adalah gangguan yang menyebabkan penderitanya sulit tidur atau tidak cukup tidur, meski terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Insomnia terkadang terjadi karena kondisi medis tertentu. Namun ada juga yang terjadi bukan karena kondisi medis.

Kekurangan waktu tidur yang berkualitas atau tidur yang kurang nyenyak bisa berdampak pada berbagai hal. Salah satunya jadi cepat lelah dan tidak fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Namun ada beberapa cara yang bisa coba kamu lakukan agar kamu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas seperti cara-cara berikut ini.

1. Atur Waktu Tidur Siang

Bagi beberapa orang, tidur siang adalah waktu yang tidak boleh terlewatkan. Tidur siang memang bisa mengembalikan energi yang sempat menurun ketik beraktivitas. Namun kamu harus membatasi seberapa lama waktumu ketika tidur siang.

Meskipun bermanfaat, tidur siang yang terlalu lama bisa membuatmu sulit tidur di malam harinya. Oleh karena itu, tidur sianglah dalam waktu yang cukup atau jangan terlalu lama.

2. Jangan Olahraga Mendekati Waktu Tidur

Semua orang pasti setuju kalau olahraga itu berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Olahraga juga bisa membuat tidurmu makin nyenyak. Namun kamu harus batasi olahragamu.

Olahraga yang terlalu berat apalagi dilakukan mendekati waktu tidur justru hanya akan membuatmu merasa kelelahan dan akhirnya kamu tidak bisa tidur nyenyak. Kalau kamu mau berolahraga, sebaiknya lakukanlah di pagi hari setelah bangun tidur atau lakukan yang ringan saja kalau ingin melakukannya di sore hari.

3. Hindari Makan Berat Sebelum Tidur

Hindari makan berat sebelum tidur bukan berarti kamu tidak boleh makan di malam hari ya, Sahabat Fimela. Kamu tetap boleh makan di malam hari kok, hanya saja batasi maksimal satu jam sebelum tidur.

Itupun kamu juga harus membatasi jenis makanan yang kamu makan, seperti makanan yang ringan-ringan saja, jangan makanan berat seperti nasi dan lauk pauk. Makan makanan yang terlalu berat mendekati jam tidur mengharuskan sistem pencernaanmu bekerja keras dan membuatmu kesulitan tidur.

4. Dilarang Minum Kopi Saat Akan Tidur

Kafein yang terkandung dalam kopi akan membuatmu terjaga seharian. Kafein juga bisa membuatmu lebih berenergi. Oleh karena itu, kopi sangat cocok diminum di pagi hari sebelum kamu mulai beraktivitas karena bisa membuatmu produktif sepanjang hari.

Namun, minum kopi di malam hari apalagi menjelang tidur sangat tidak disarankan karena efek kafeinnya bisa membuat tidurmu jadi tidak nyenyak dan sering terbangun.

5. Jauhkan Gadget

Salah satu hal yang bisa menyebabkan kamu insomnia atau sulit tidur adalah karena kebiasaan menggunakan gawai sebelum tidur. Cahaya biru dari layar ponsel/gadget dapat menekan hormon melatonin, yaitu hormon yang mengontrol jam biologis tubuh. Otak akan mengangkap dan mengartikan sinar tersebut sebagai pertanda hari masih terang, sehingga kamu tidak mengantuk. Akibatnya, kamu sulit tidur ketika malam hari.

Selain cara-cara di atas, cara lain yang cukup efektif untuk dilakukan agar tidurmu makin nyenyak adalah dengan membiasakan diri tidur di waktu yang sama. Cobalah untuk disiplin dan tidur secara rutin. Mungkin awalnya memang sulit, tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading