Sukses

Lifestyle

Lakukan 5 Kebiasaan Ini agar Hidupmu Menjadi Lebih Tenang

Fimela.com, Jakarta Menginjak usia dewasa membuat Sahabat Fimela akan lebih merasakan hiruk-pikuk kehidupan yang terkadang membuat gelisah, takut, atau kacau. Saat situasi seperti ini, memiliki pikiran yang tenang memanglah sulit. Bagaikan menemukan air segar di padang gurun. Akan sangat menyenangkan jika menjalani hidup yang semakin dewasa ini dengan ketenangan.

Ketenangan bukanlah sikap bawaan dari lahir. Tapi merupakan keterampilan yang dapat diusahakan, salah satunya melalui merubah kebiasaaan sehari-hari. Ini akan mempengaruhi pola pikir dan membuat pikiran lebih tenang. Berikut adalah 5 kebiasaan yang dapat Sahabat Fimela lakukan agar hidupmu menjadi lebih tenang:

1. Kurangi Penggunaan Gawai secara Berlebihan

Hampir semua orang sekarang ini memiliki gawai. Apapun yang ingin dilakukan bisa dilakukan oleh benda ini. Mulai dari bermain, berbelanja, update berita terkini, bertukar pesan, hingga membeli makan. Banyaknya hal yang dapat dilakukan oleh gawai bisa membuat seseorang kecanduan. Ini tidak akan baik saat ingin mencari ketenangan. Dampak jangka panjangnya adalah bisa membuat orang malas melakukan aktivitas lain dan hanya terfokus pada gawai.

Contoh lainnya adalah saat ingin mencari ketenangan, tapi malah membuka media sosial. Di sana bisa ditemukan berbagai jenis update kehidupan orang-orang yang kemudian dapat membuat diri membanding-bandingkan pencapaian dengan orang lain. Sehingga merasa insecure dan bukannya mendapat tenang. Menggunakan gawai boleh saja asalkan tidak berlebihan dan gunakan sesuai fungsinya. Jangan sampai kecanduan.

2. Meditasi

Meditasi telah digunakan sejak lama untuk menenangkan pikiran. Meditasi merupakan praktik terstruktur saat Sahabat Fimela menyisihkan waktu untuk fokus mengatur nafas, pola pikir, atau sekadar mengamati pikiran. Secara ilmiah, meditasi mampu meningkatkan kejernihan mental dan stabilitas emosi. Sehingga diri akan menjadi lebih tenang dalam menghadapi sesuatu.

Meditasi mampu mengurangi tingkat stres, rasa cemas, dan depresi. Kegiatan ini juga bisa meningkatkan tingkat konsentrasimu.  Dengan rutin bermeditasi setiap harinya, Sahabat Fimela akan menumbuhkan rasa tenang dalam hati.

3. Olahraga

Keadaan pikiran dan fisik akan selalu terhubung. Dengan berolahraga, tidak hanya tubuh bugar yang didapatkan, tapi juga pikiran yang lebih tenang. Karena perasaaan rileks yang didapatkan setelah berolahraga akan berperan besar untuk membantu ketenangan diri. Sahabat Fimela bisa melakukan olaharaga ringan secara rutin untuk mendapatkan ketenangan. Seperti jogging, yoga, bersepeda, atau berenang.

4. Journaling

Journaling dapat berupa banyak hal, seperti menulis to do list, menulis apa yang syukuri, atau sekadar mencurahkan perasaan. Kebiasaan ini akan membuatmu lebih tenang karena emosi yang tersimpan di dalam dirimu dapat diekspresikan melalui kegiatan ini. Selain itu, journaling juga akan membuat harimu lebih teratur karena telah mengetahui apa yang akan dilakukan.  Rutin journaling akan membuatmu lebih tenang sepanjang hari.

5. Fokus pada Diri Sendiri

Memprioritaskan diri sendiri bukanlah sesuatu yang egois. Ini perlu dilakukan untuk memastikan Sahabat Fimela mendapatkan yang terbaik juga di masa depan, baik secara mental, emosi, dan fisik. Lakukan hal-hal yang disukai, seperti membaca buku, journaling, nonton film, atau mendengarkan musik.  Fokuslah pada tujuanmu dan usahakan yang terbaik. Ketenangan akan didapatkan karena memastikan sudah berusaha semaksimal mungkin untuk diri sendiri.

Usahakan yang terbaik untuk ketenangan diri. Pikiran dan hati yang tenang akan membuatmu lebih nyaman dalam melakukan sesuatu. Semoga informasi ini bermanfaat bgai Sahabat Fimela ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading