Sukses

Lifestyle

5 Kepribadian MBTI yang Paling Sabar dan Tabah Menghadapi Cobaan Hidup

Fimela.com, Jakarta Kepribadian setiap orang bisa berbeda-beda karena memang manusia diciptakan berbeda oleh Sang Pencipta. Tidak ada yang benar-benar sama bahkan yang kembar identik sekalipun, apalagi dalam menghadapi hidup dengan sabar. Tapi meskipun berbeda-beda, tetap bisa diklasifikasikan dalam karakter yang sama. Ada banyak konsep tipe kepribadian, salah satunya adalah MBTI yang didasarkan pada preferensi psikologi setiap orang.

Dalam MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) kita bisa melihat siapa saja tipe kepribadian yang dianggap paling sabar menghadapi cobaan hidup.

1. ESTJ

Orang dengan kepribadian ESTJ (Extroverted, Sensing, Thinking, Judging) adalah pribadi yang tegas dan bertanggung jawab. Ia sabar dalam menghadapi ujian hidup karena menyerah dan putus asa bukanlah pilihan dalam kamus hidupnya. Orang ESTJ selalu punya cara untuk menemukan solusi masalah, bagaimana menyelesaikan konflik dengan cerdas serta fokus dengan tujuannya. Ia tangguh dalam mengatasi hambatan dan tantangan. Jatuh dan gagal tidak membuat semangatnya padam, justru ia ingin bangkit dan membuktikan diri.

2. ISTJ

Tipe orang ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging) cenderung sabar dan tabah dalam menghadapi masalah hidup. Ia tekun dalam bekerja keras, tenang dan metodis dalam mencari solusi agar masalah dapat terselesaikan dengan baik tanpa merepotkan orang lain. Ia menghadapi tantanga dengan rasa tanggung jawab yang besar. Ia fokus dengan urusannya dan bertahan dalam kesulitan. Itulah yang membuat orang ISTJ mengagumkan dalam berbagai sisi. Ia tidak lari dari kenyataan, melainkan dihadapi dengan berani.

3. ISFJ

Orang dengan kepribadian ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging) cenderung dapat diandalkan, penyayang dan penyabar. Ia menghadapi cobaan dengan sepenuh hati, jarang mengeluh karena hatinya teguh. Ia juga pendengar yang baik, lebih sering menjadi pendengar curhat orang lain ketimbang menjadi orang yang suka curhat. Ia memiliki kekuatan mental yang baik dan berkomitmen dalam menyelesaikan apa pun masalah hidup dengan mindset yang positif bahwa segala badai akan berlalu juga pada waktunya.

4. INTJ

Para tipe kepribadian INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging) adalah orang-orang pemikir strategis dengan perspektif jangka panjang. Mereka cenderung sangat sabar dan tabah dalam menyelesaikan konflik kehidupan. Mereka adalah perencana yang baik dan bekerja untuk mencapai tujuan. Keterampilannya yang unggul serta kecerdasan otaknya yang mumpuni adalah kombinasi luar biasa dalam memecahkan masalah apa pun. Ia mampu berpikiran positif dan optimis dalam kondisi yang buruk sekali pun. Itulah yang membuatnya istimewa.

5. INFJ

Orang INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging) dikenal sangat penyabar. Ia memiliki empati dan kasih sayang yang besar, tidak menyalahkan orang lain atas bencana yang menimpa dirinya, justru belajar memandang dari perspektif positif bahwa itu adalah cara semesta membuatnya belajar hal baru. Orang dengan tipe MBTI ini yakin dirinya kuat dan mampu bertahan. Selama memiliki support system yang baik, segala masalah hidup rasanya lebih ringan dihadapi dna dilalui. Ia tidak menyerah hanya karena kondisi sedang tidak baik-baik saja.

Itu dia beberapa kepribadian MBTI yang dianggap paling sabar menghadapi cobaan hidup. Tentu kita tak bisa menilai mutlak kesabaran seseorang dalam menjalani hidup hanya dari MBTI saja, karena ada banyak faktor yang bisa memengaruhi kesabaran setiap orang.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading