Sukses

Lifestyle

Ajak Peduli Lingkungan Sejak Kecil, Elizabeth Wanjiru Wathuti Menginspirasi

Fimela.com, Jakarta Kepedulian terhadap lingkungan memang harus ditanamkan dan dibudayakan sejak kecil. Sebagai manusia yang hidup di bumi, terutama yang paling banyak melakukan eksploitasi, sudah semestinya kita memiliki kesadaran diri untuk menjaga dan merawat lingkungan, bukan hanya memanfaatkannya tanpa tanggung jawab. Kesadaran itulah yang dimiliki Elizabeth Wanjiru Wathuti ketika ia tumbuh besar di negaranya, Kenya.

Kenya memiliki kekayaan alam yang luar biasa, dengan keanekaragaman hayati yang tinggi dan berbagai macam ekosistem, termasuk sabana, hutan hujan, gunung, dan garis pantai yang asri. Namun Kenya juga menghadapi tantangan serius dalam hal lingkungan, terutama karena posisinya di Benua Afrika yang rentan mengalami perubahan iklim ekstrem, bahkan terkadang harus menghadapi berbagai macam bencana alam.

Kesadaran Menjaga Lingkungan Sejak Kecil

Elizabeth Wanjiru Wathuti memulai aktivitas peduli lingkungan sejak kecil, ketika ia masih duduk di bangku sekolah. Dilahirkan di Nyeri County, Kenya yang terkenal memiliki cakupan hutan terluas di Kenya, ia melihat sendiri seperti apa iklim berubah.

"Saya tumbuh di salah satu kawasan paling berhutan di Kenya. Ketika saya masih muda, saluran air yang mengalir melalui hutan kami masih jernih. Namun secara sistematis, permukaan air di daerah saya surut. Jadi sejak kecil, saya benar-benar melihat ekosistem tempat saya tinggal berubah," jawabnya saat ditanya bagaimana ia tergerak untuk menjadi aktivis lingkungan dalam Veto.be.

Perempuan kelahiran tahun 1995 ini belajar menanam pohon pertamanya pada usia tujuh tahun, yang diikuti dengan mendirikan klup lingkungan hidup dengan bantuan gurunya. Pada tahun 2016, sebagai aktivis lingkungan yang peduli dengan kondisi alam Kenya, Elizabeth Wathuti mendirikan organisasi nirlaba bernama Green Generation Initiative untuk membangun kesadaran lingkungan dengan melibatkan anak-anak, komunitas dan warga sekitar untuk mencintai alam melalui pembelajaran berdasarkan pengalaman dan solusi berbasis alam di lapangan.

Aktivis Lingkungan dengan Banyak Penghargaan

Dilansir dari Greengenerationinitiative.org, program peduli lingkungan berfokus pada penanaman pohon untuk membantu sekolah-sekolah di Kenya membangun ruang hijau di halaman sekolah mereka, menanamkan budaya lingkungan di kalangan siswa, dan mengatasi kerawanan pangan di kalangan anak-anak sekolah dari buah yang dipanen. Organisasi yang digalakkan oleh Elizabeth Wanjiru Wathuti ini juga bergerak membina generasi muda untuk mencintai alam dan sadar akan lingkungan sejak usia dini.

Dari keberanian membuat perubahan terhadap kepedulian lingkungan ini, Elizabeth Wathuti mendapatkan banyak sekali penghargaan sebagai aktivis lingkungan skala internasional sekaligus anak muda yang membangun negerinya. Dengan kesadaran lingkungan ini, Elizabeth Wathuti bersama organisasinya telah menanam lebih dari 30.000 bibit pohon di Kenya. Sosok menginspirasi dan teladan sekali ya, Sahabat Fimela.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading