Sukses

Parenting

Sentuhan Ibu Kepada Anak Ternyata Simpan Banyak Keajaiban

Fimela.com, Jakarta Percaya nggak sih kalau sentuhan ibu bisa memberikan banyak keajaiban bagi seorang anak? Nggak hanya sebagai tanda kasih sayang, tapi juga dapat membantu perkembangan fisik dan emosional mereka. Bisa dibilang sentuhan ini adalah kebutuhan paling dasar yang menjadi tanda cinta, dukungan, dan perhatian dari seorang ibu kepada anaknya.

Dalam tahap yang lebih lanjut, sentuhan ibu ternyata menyimpan keajaiban untuk tumbuh kembang anak, terutama mereka yang berkebutuhan khusus dan pemulihan trauma. Simak lebih lanjut di sini, yuk!

Menjadi Bagian Terapi Anak Berkebutuhan Khusus

Manfaat sentuhan ibu sudah terbukti secara ilmiah. Khusus untuk anak-anak berkebutuhan khusus, sentuhan menjadi bagian dari terapi yang dapat mendukung tumbuh kembang dan potensi yang dimiliki. Misalnya saja terapi pijat untuk anak-anak autisme ternyata memiliki manfaat membuat mereka lebih santai, kooperatif, dan dapat melakukan manajemen stres dengan baik.

Beragam manfaat inilah yang kemudian mendorong NIVEA memberikan dukungan lewat program NIVEA #SentuhanIbu yang sudah dilakukan sejak 2016 lalu. Program tersebut merupakan komitmen NIVEA mendukung para ibu dalam keterbatasan yang dimiliki, mulai dari ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Tuna Netra Bandung hingga anak-anak Tuna Grahita di SLB Yogyakarta untuk terus dapat memberikan Sentuhan terbaiknya.

Lewat dukungan nyata ini, NIVEA menciptakan support system yang ideal bagi ibu dengan anak berkebutuhan khusus untuk membesarkan anak-anaknya. Selain memberikan training & counselling kepada para Ibu, Para Ibu juga bisa saling sharing beban pikiran kepada guru atau sesama orang tua ABK, sehingga tidak merasa berjuang sendirian.

Sentuhan Ibu untuk Pemulihan Trauma

Tahukah kamu bahwa pengalaman terhadap situasi bencana alam adalah salah satu dari sekian banyak hal di luar tubuh yang pertama kali dirasakan oleh kulit? Yup, situasi ini direkam oleh otak sebagai pengalaman tidak menyenangkan yang dapat menyebabkan kecemasan dan stres pada anak.

Ajaibnya, ternyata pijatan atau sentuhan pada anak bisa digunakan sebagai terapi medis dan psikologis untuk menurunkan tekanan psikologis yang dialami, lho! Hal ini yang mendorong NIVEA Sentuhan Ibu dan Universitas Udayana One Health Collaborating Center (OHCC) dan didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI melakukan Program Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial bagi para ibu dan anak terdampak gempa bumi di Desa Kekait, Lombok.

Rangkaian terapi dan intervensi berlangsung selama 3 bulan dengan didasari oleh kekuatan sentuhan ibu. Hasilnya, ada dampak positif bagi para ibu dan anak dengan trauma paska bencana.

Program ini sendiri merupakan bentuk komitmen NIVEA lewat NIVEA Sentuhan Ibu untuk membantu meringankan beban mental dan psikososial para ibu, khususnya sebagai figur yang memiliki peran sentral dalam keluarga. Lebih jauh lagi, program ini adalah kontribusi nyata NIVEA dalam membantu pemerintah mewujudkan program Indonesia Tangguh Bencana.

Program Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial tersebut diikuti oleh 168 ibu dan anak, serta berhasil menunjukkan hasil positif terhadap perubahan kesehatan mental para ibu dan anak yang terdampak bencana tahun 2018 lalu. Hasil intervensi menunjukkan ibu jadi lebih menghargai hubungan ibu dan anak lewat komunikasi dan sentuhan, serta merasakan adanya penurunan tingkat kecemasan dan stres yang dibuktikan lewat mood sheet. Secara umum, 85% penerima program merasa lebih baik setelah mengikuti program NIVEA Sentuhan Ibu.

Sekarang makin percaya kan kalau sentuhan ibu memberikan banyak keajaiban bagi hubungan ibu dan anak, terutama bagi ibu dengan anak berkebutuhan khusus dan untuk pemulihan trauma. Semoga program NIVEA Sentuhan Ibu ini bisa memberikan kontribusi yang lebih besar lagi untuk bangsa, ya! Cek informasi selengkapnya di sini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cantik Seutuhnya dengan Inovasi Deodorant yang Bikin #KetiKece Seperti Selebriti
Artikel Selanjutnya
Awali Self-Care dengan Langkah Sederhana Merawat Cerahnya Kulit Ketiak