Sukses

Parenting

Kenali 6 Tahapan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini

Fimela.com, Jakarta Belajar bahasa adalah hal yang alami dan anak-anak tentu memiliki kemampuan untuk mempelajarinya sejak dini. Bagi semua anak, apa pun bahasa orang tua mereka, dengan mengajari satu bahasa. Meskipun semua anak belajar dalam tahap-tahap dasar, bahasa dapat berkembang dengan kecepatan yang berbeda pada tiap anak. Berikut ini adalah perkembangan anak saat ia belajar bahasa yang perlu orang tua ketahui.

Anak Usia 4-6 bulan

Ketika bayi baru lahir, mereka sudah bisa menanggapi irama bahasa. Pada awal 4 bulan, anak dapat membedakan antara suara bahasa dan suara lainnya. Misalnya, mereka tahu perbedaan antara kaya yang diucapkan dan bertepuk tangan. Menjelang usia 6 bulan, anak mulai mengoceh. Ini adalah tanda pertama bahwa anak sedang belajar bahasa. Anak sekarang mampu membuat semua suara dalam semua bahasa yang sering mereka dengar.

Usia 8 Bulan

Di usia ini, anak dapat mengenali kelompok suara. Meskipun mereka mengenali kelompok suara ini sebagai kata-kata, mereka masih belajar arti kata-kata yang diucapkan oleh orang yang ada di sekitarnya. Anak pada usia ini lebih cenderung memahami makna kata-kata yang berhubungan dengan pengalaman sehari-hari mereka terutama makanan dan bagian tubuh.

Usia 12 BulanĀ  (1 Tahun)

Pada titik ini, anak-anak dapat mengutarakan makna pada kata-kata yang mereka ucapkan. Begitu mereka dapat melakukannya, mereka dapat mulai membangun kosakata. Mereka juga mulai meniru kata-kata baru yang mereka dengar.

Usia 18 Bulan

Untuk berkomunikasi, anak-anak harus tahu cara menggunakan kata-kata yang mereka pelajari. Dalam tahap perkebangan bahasa ini, anak-anak dapat mengenali perpedaan antara kata benda dan kata kerja. Secara umum, kata pertama kosakata anak adalah kata benda.

Usia 24 Bulan

Pada tahap ini, anak-anak mulai mengenali lebih dari kata benda dan kata kerja dan mendapatkan pemahaman tentang sturktur kalimat dasar. Mereka dapat menggunakan kata ganti. Mereka juga tahu urutan kata yang tepat dalam sebuah kalimat dan dapat membuat kalimat sederhana.

Lebih dari 3 Tahun

Ketika mereka tumbuh, anak-anak terus memperluas kosakata mereka dan mengembakan bahasa yang kompleks. Penggunaan bahasa mereka benar-benar tidak sepenuhnya menyerupai orang dewasa sampai sekitar usia 5 tahun ke atas.

Perkembangan bahasa anak, perlu dilatih sejak dini. Ini juga dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk membaca ketika memasuki usia 3 tahun ke atas.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Serba-Serbi Cryptic Pregnancy atau Kehamilan Samar yang Harus Diketahui
Artikel Selanjutnya
Ketahui 3 Jenis Alergi pada Bayi