Sukses

Parenting

4 Prinsip Dasar Pemberian MPASI yang Penting untuk Dipahami

Fimela.com, Jakarta Dalam proses tumbuh kembang anak, pemberian nutrisi seimbang sangatlah penting. Bahkan nutrisi yang didapat dalam 1.000 hari pertama kelahiran punya pengaruh besar pada kondisi anak saat bertumbuh dan dewasa. Sejak bayi masih ada di dalam kandungan, ibu perlu mencukupi kebutuhan nutrisi dengan baik. Saat bayi lahir, pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pun punya peran penting. Selain itu, pemberian MPASI juga tak kalah pentingnya pengaruhnya terhadap tumbuh kembang anak.

Pada Sabtu, 16 Januari 2021, dalam Webinar Pentingnya Nutrisi Seimbang dalam Proses Tumbuh Kembang Anak dengan narasumber dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K) sebagai rangkaian acara daring Ruang Tengah bertema #Bersama yang digelar penerbit Gramedia Pustaka, disampaikan soal empat prinsip dasar pemberian MPASI. Dokter Meta dalam presentasinya menyampaikan empat prinsip dasar pemberian MPASI.

4 Prinsip Dasar Pemberian ASI

1. Tepat Waktu

Berikan MPASI ketika ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi. Inilah alasan kenapa MPASI perlu diberikan pada bayi yang sudah menginjak usia sekitar 6 bulan. Bayi yang sudah menginjak 6 bulan perlu diberikan makanan pendamping ASI agar kebutuhan gizi dan nutrisinya tercukupi.

2. Adekuat

MPASI yang diberikan memenuhi kebutuhan protein (makronutrien) dan zat besi, seng, dan vitamin A (mikronutrien) anak. Faktor lingkungan seperti nutrisi dan infeksi merupkan faktor penting yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Ibu bisa memberikan MPASI homemade atau MPASi terfortifikasi selama kandungannya bisa mencukupi kebutuhan anak.

3. Aman dan Higienis

Proses persiapan dan pembuatan MPASi menggunakan cara, bahan, dan alat yang aman serta higienis. Bahkan penting untuk menggunakan talenan terpisah untuk menu MPASI. Pisahkan talenan yang digunakan untuk memotong bahan makanan mentah dan bahan makanan matang.

4. Diberikan secara Responsif

MPASI diberikan secara konsisten sesuai dengan sinyal lapar atau kenyang dari anak. Saat memberikan MPASI, ciptakan lingkungan makan yang nyaman, tidak ada distraksi, dan siapkan serbet agar tidak berantakan.

MPASI yang ideal dalam pemaparan yang disampaikan Dokter Meta adalah yang kaya akan energi, protein, dan mikronutrien. Serta bersih, aman, tidak terlalu asin atau pedas, mudah dikonsumsi anak, disukai anak, tersedia di daerah lokal dan terjangkau, dan mudah disiapkan.

Semoga info di atas bermanfaat, ya. Penting untuk memahami empat prinsip dasar pemberian MPASI di atas untuk memastikan proses tumbuh kembang anak bisa berjalan dengan baik.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Cara Membuat MPASI untuk Bayi yang Menyehatkan dan Mudah Dibuat