Sukses

Parenting

Bayi Sering Rewel? 7 Tips Sederhana Ini akan Menenangkannya

Fimela.com, Jakarta Bayi yang rewel atau menangis membuat orangtua kadang merasa bingung atau panik karena kewalahan untuk menenangkannya. Biasanya hal ini sering terjadi pada malam hari saat bayi terbangun dari tidurnya atau ada masalah lain yang membuat bayi merasa tidak nyaman dan menangis sebagai penanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam diri bayi.

Namun, Sahabat Fimela tidak perlu panik karena di sini ada beberapa tips untuk menenangkan bayi saat mereka rewel. Yuk! Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Bungkus Menggunakan Selimut

Bungkuslah bayi dengan selimut besar dan tipis, jika kesulitan melakukannya mintalah perawat atau seseorang anak untuk menunjukkan bagaimana melakukannya dengan benar. Hal seperti ini akan membuat bayi lebih cepat merasa tenang dan nyaman.

Menggendong Bayi

Gendonglah bayi dalam pelukan dan letakkan tubuhnya di sisi kiri untuk membantu pencernaan atau melancarkan metabolisme pada area perut bayi. Gosok punggungnya dengan lembut dan jika bayi sudah tertidur, ingatlah untuk selalu membaringkannya dengan posisi terlentang.

Buatlah Suara yang Menenangkan

Suara yang menenangkan akan mengingatkan bayi seperti keberadaannya saat mash berada di dalam rahim yang akan bisa menenangkannya, seperti nyanyian lembut, dengungan kipas, atau irama detak detak jantung.

Berikan Gerakan yang Menenangkan

Gerakan yang menenangkan, seperti menggoyangkan tubuh bayi secara halus dalam gendongan juga merupakan cara efektif untuk menenangkan bayi yang rewel. Gerakan pelan yang menenangkan juga akan mengingatkan bayi pada gerakan yang mereka rasakan di dalam rahim.

Memberi Makan Secukupnya

Memberi makan pada bayi secara berlebihan juga dapat membuatnya tidak nyaman karena tubuhnya akan terasa panas dari pembakaran. Cobalah untuk menunggu setidaknya 2-2,5 jam dari awal memberikan makan pada bayi. Jika belum waktunya untuk menyusui bayi, tawarkan empeng atau bantu bayi menemukan ibu jari atau jarinya. Beberapa bayi menjadi tenang saat mulutnya mengisap sesuatu.

Membatasi Tidur Siang

Batasi setiap tidur siang bayi agar tidak lebih dari 3 jam sehari. Untuk mendapatkan kualitas dan waktu tidur yang baik, jagalah agar bayi tetap tenang saat menyusui atau saat mengganti pakaiannya di malam hari serta menghindari cahaya dan suara yang terang agar bayi dapat memenuhi kebutuhan tidurnya pada malam hari.

Buatkan Catatan

Buatlah catatan harian mengenai waktu kapan bayi terbangun, tidur, makan, dan menangis. Tuliskan berapa lama waktu yang dibutuhkan bayi untuk makan atau tertidur. Jika bayi terus menangis atau sulit ditenangkan, alangkah baiknya membicarakan dengan dokter anak tentang perilaku ini untuk mengetahui apakah tangisannya berhubungan dengan masalah tertentu.

Menenangkan bayi yang sedang menangis memang tidak mudah dan perlu beberapa kali percobaan. Tetapi dengan kesabaran dan latihan, orangtua akan bisa mengetahui cara paling efektif dan berhasil untuk menenangkan bayi dengan mudah. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab Bayi Rewel dan Susah Tidur Sesuai Usianya
Artikel Selanjutnya
Melihat Karakter Bayi Rewel dan Anteng dari Zodiak