Sukses

Parenting

Cara Memberi Pengertian kepada Anak Soal Pandemi Tanpa Sebarkan Rasa Takut

Fimela.com, Jakarta etika anak-anak mendengar tentang virus Corona (COVID-19), mereka tidak langsung mengerti tanpa melihat wujud dan bentuk dari virus Corona. Sebagai orangtua pasti ingin memastikan mereka mendapatkan informasi yang dapat diandalkan dan ingin mereka mendengarnya dari mulut orangtuanya. Dilansir dari kidshealth.org, berikut cara membicarakan pandemi dan virus Corona pada anak.

Berfokuslah untuk membantu anak Anda merasa aman, tetapi jujurlah. Misalnya, jika anak-anak bertanya tentang kenapa tidak boleh keluar rumah, COVID-19 itu apa dan lockdown jawab pertanyaan mereka. Tetapi jika topiknya tidak muncul, tidak perlu diangkat.

Berbicaralah sesuai fakta

Gunakan pertanyaan itu sebagai kesempatan untuk mencari tahu bersama. Periksa situs web Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) untuk informasi terbaru dan terpercaya tentang virus corona (COVID-19).

Bicaralah dengan tenang dan meyakinkan.

Jelaskan bahwa kebanyakan orang yang sakit merasa seperti sedang pilek atau flu. Anak-anak akan takut saat orang tua panik. Jadi, ketika Anda berbicara tentang virus corona dan berita, gunakan suara yang tenang dan cobalah untuk tidak terlihat kesal.Berikan pengertian tentang protokol kesehatan. Hal-hal kecil seperti mencuci tangan dan memakai masker itu penting.

Bicarakan tentang semua hal yang terjadi untuk menjaga agar anak tetap aman dan sehat

Anak-anak kecil mungkin diyakinkan untuk mengetahui bahwa rumah sakit dan dokter siap untuk merawat orang yang sakit. Anak-anak remaja mungkin terhibur mengetahui bahwa para ilmuwan sedang bekerja untuk mengembangkan vaksin. Anak-anak di atas 2 tahun bisa diajarkan cara memakai masker untuk membantu mencegah penyebaran virus corona. Pembicaraan ini juga membantu anak-anak mengelola perubahan yang terjadi pada rutinitas normal mereka.

Beri anak Anda hal-hal spesifik dan jelas tentang apa yang harus dilakukan anak saat pandemi, agar mereka merasa aman. Ajari anak-anak bahwa banyak tidur dan mencuci tangan dengan baik dan sering dapat membantu mereka tetap kuat dan sehat. Jelaskan bahwa mencuci tangan secara teratur juga membantu menghentikan penyebaran virus ke orang lain. Jadilah panutan yang baik dan biarkan anak-anak sering mencuci tangan.

Berita dalam Konteks

Jika mereka bertanya, jelaskan bahwa penyakit serius dan kematian pada anak-anak akibat virus masih jarang terjadi, terlepas dari apa yang mungkin mereka dengar. Tonton berita bersama anak-anak Anda sehingga Anda dapat memfilter apa yang mereka dengar.Anak-anak sering kali lebih mengkhawatirkan keluarga dan teman daripada diri mereka sendiri. Misalnya, jika anak-anak mendengar bahwa orang yang lebih tua lebih rentan terkena penyakit. Hindari hal-hal yang membuat panik dan tetap berpikiran positif.

Pertahankan Percakapan Terus Berlangsung

Teruslah memeriksa informasi dan berdiskusi dengan anak. Gunakan pembicaraan tentang virus corona sebagai cara untuk membantu anak-anak belajar tentang kesehatan tubuh mereka, seperti bagaimana sistem kekebalan melawan penyakit.

Sering-seringlah membicarakan berita terkini dengan anak Anda. Penting untuk membantu mereka memikirkan beritadan peristiwa yang mereka dengar. Ajukan pertanyaan: Apa pendapatmu tentang peristiwa ini? Menurutmu bagaimana hal ini terjadi? Pertanyaan semacam itu juga mendorong percakapan orangtua dan anak tentang pandemi.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

#elevate women

Loading
Artikel Selanjutnya
Haruskah Menggunakan Masker Saat Menyetir Sendirian?
Artikel Selanjutnya
Hari Kesehatan Sedunia 2021: Dunia yang Lebih Adil dan Sehat