Sukses

Parenting

8 Rekomendasi Buku Cerita untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Membaca buku adalah salah satu cara yang bisa digunakan orangtua, untuk membantu meningkatkan ide, kreativitas, imajinasi, daya ingat dan kinerja otak pada si kecil. Membaca buku juga bisa membantu anak untuk belajar membaca, fasih berbicara dan mengenal banyak hal dari buku.

Saat anak masih kecil, Mom bisa membacakan buku cerita untuk anak, yang ceritanya menarik, penuh dengan pesan moral, dan disertai dengan gambar yang bagus.

Buku cerita bisa dikenalkan pada anak, mulai usia 0 tahun. Tentu saja jenis buku yang dibaca untuk anak memiliki jenis yang berbeda tiap usianya. Untuk anak usia 0 tahun hingga 1 tahun, pilihlah buku yang bergambar dan berwarna-warni. Untuk usia 1 tahun hingga 2 tahun, akan menyukai buku cerita dengan tokoh hewan. Sedangkan untuk usia 3 tahun hingga 5 tahun, bisa memilih buku cerita tentang kehidupan sehari-hari.

Kalau anak sudah memasuki usia 6 tahun ke atas, Sahabat Fimela bisa memulai mengenalkan buku cerita yang berisi teks. Berikut rekomendasi buku cerita untuk anak, yang dilansir dari berbagai sumber:

Rekomendasi Buku Cerita untuk Anak Usia 0 - 3Tahun

1. Magical Unicorns

Rekomendasi buku cerita anak yang pertama, yaitu buku dengan judul Magical Unicorns. Buku ini termasuk jenis buku fabel yang menceritakan tentang unicorn. Disetiap halamannya terdapat hiasan ekor unicorn yang memiliki berbagai macam tekstur dan warna, sehingga dapat disentuh anak. Buku ini dapat membantu melatih sistem sensorik pada anak.

2. Good Night

Good Night adalah buku dari BOOKaBook, yang cocok untuk anak mulai usia 0tahun. Buku cerita ini termasuk jenis buku fabel, yang menceritakan tentang hewan yang mengantuk. Sehingga buku ini cocok dibacakan saat anak akan tidur. Uniknya, hewan yang ada dalam buku ini, bagian mulutnya dapat dibuka dan membuat hewan terlihat seperti menguap.

3. Baby Touch: Tummy Time

Baby Touch: Tummy Time adalah buku yang berbentuk 3 dimensi dan memiliki banyak warna. Buku ini dapat membantu anak meningkatkan sistem sensoriknya. Karena terdapat beberapa bagian dalam buku ini, yang memiliki area sentuh, dengan tekstur yang berbeda-beda. Bahkan terdapat lubang intip untuk bayi. Sehingga buku ini sangat menarik untuk membantu anak bereksplorasi.

Rekomendasi Buku Cerita untuk Anak Usia 3-5Tahun

4. Seri Ayo Berkata Baik

Rekomendasi buku cerita untuk anak yang selanjutnya, yaitu buku dengan judul Seri Ayo Berkata Baik, yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Dalam buku ini terdapat 4 seri cerita, yang mengajarkan anak untuk berkata terimakasih, tolong, maaf dan permisi. Buku ini cocok untuk dibaca dan diajarkan pada anak mulai usia 3tahun, saat anak sudah mulai berbicara dan berinteraksi dengan orang lain.

5. Mom, Dad, I Love You

Buku cerita berjudul Mom, Dad, I Love You, terbitan dari Bhuana Ilmu Populer, bisa menggambarkan tentang kasih sayang ibu dan ayah pada anaknya. Buku ini merupakan buku dwibahasa dengan cerita realistis dan fantasi, yang menceritakan tentang kehebatan seorang ibu dan keajaiban yang dilakukan ibu, serta peran penting ayah dalam keluarga untuk melindungi dan berinteraksi dengan anak.

6. Bella dan Balon Merah

Buku cerita dengan judul Bella dan Balon Merah, karangan dari Devi Raissa ini, merupakan buku cerita yang cocok dibaca anak. Buku ini bisa mengajarkan tentang cara mengontrol emosi, empati dan memecahkan masalah pada anak. Sehingga anak lebih bisa memilih cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah, tanpa menggunakan emosi.

Rekomendasi Buku Cerita untuk Anak Usia 5-6Tahun

 

7. Seri Fun Cican: Ketika Cican Marah

Rekomendasi buku cerita untuk anak yang selanjutnya, yaitu buku berjudul Seri Fun Cican: Ketika Cican Marah, karya dari Wahyu Aditya, Indah Julianti, Tadiga K. Buku cerita ini juga mengajarkan pada anak, cara untuk mengontrol emosi agar tidak mudah marah. Dalam buku yang memiliki gambar menarik ini, juga bisa mengajarkan pada anak cara self healing.

8. Aku Anak Pemberani, Percaya Diri dan Mandiri

Aku Anak Pemberani, Percaya Diri dan Mandiri adalah buku cerita yang cocok dibaca anak-anak. Ada banyak kisah yang tertulis dalam buku ini, yang memiliki banyak makna untuk anak-anak. Buku ini mengajarkan agar anak mampu menjaga dirinya disaat sendirian.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Arti Melihat Pemakaman yang Mencekam dan Bikin Merinding
Artikel Selanjutnya
5 Arti Mimpi Tenggelam di Laut yang Membawa Kabar Baik dan Buruk