Sukses

Parenting

Menghindari Stres Selama Berpuasa, Bisa Bantu Ibu Menyusui Memiliki ASI Lancar

Fimela.com, Jakarta Tak terasa beberapa hari ke depan umat muslim telah sampai di bulan yang istimewa yakni bulan Ramadan. Tak seperti hari-hari biasanya, hari-hari di bulan Ramadan akan terasa lebih istimewa. Ini juga menuntut seseorang untuk memiliki pola hidup yang lebih baik. Ada banyak hal yang penting untuk diperhatikan selama menjalani puasa, agar tubuh tetap bugar dan makin segar. Terutama bagi ibu menyusui. 

Bagi ibu menyusui yang hendak puasa dan berharap ASI lancar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah mengelola stres dengan baik. Mengutip dari laman healthline.com, stres bisa mengganggu kelancaran produksi ASI. Stres yang terjadi selama puasa, bahkan bisa memperparah masalah kelancaran ASI.

Stres Menurunkan Produksi ASI

Studi menemukan jika pikiran yang stres, rentan bikin ASI seret. Pikiran yang tidak bahagia, ditambahkan mencukupi nutrisi tubuh hanya saat malam di kala puasa, ini menyebabkan produksi ASI terganggu. Ini juga membuat ASI yang keluar tak sebanyak biasanya. Ketika produksi ASI seret atau tidak lancar, tentu hal ini berpengaruh pada tumbuh kembang bayi ke depannya.

Solusi ASI Lancar Selama Berpuasa

Perut yang lapar, suasana hati yang buruk dan pikiran stres mengambat kelancaran ASI. Bagi Mom yang hendak puasa Ramadan dan menginginkan ASI lancar, pastikan untuk menghindari stres. Pastikan juga untuk mencukupi nutrisi tubuh secara seimbang. Perbanyak konsumsi sayur, buah dan makanan tinggi serat selama berpuasa. Jangan lupa untuk mengonsumsi sumber protein dan vitamin agar tubuh tidak lemas selama puasa. Cukupi juga kebutuhan karbohidrat dalam tubuh. 

Selama berpuasa sekaligus menyusui, Mom penting untuk memiliki istirahat cukup. Tingkatkan lagi frekuensi menyusui. Studi menemukan jika semakin tinggi frekuensi menyusui Mom, akan semakin lancar produksi ASInya. 

Selamat menyambut bulan Ramadan dan semoga tetap menghasilkan ASI yang lancar selama berpuasa ya Mom. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading