Sukses

Parenting

5 Faktor Penyebab ASI yang Sulit Keluar

Fimela.com, Jakarta Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi karena mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Namun, terkadang ibu menyusui mengalami kesulitan dalam memproduksi ASI, bahkan ada juga yang mengalami masalah ASI susah keluar. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan ASI sulit keluar. Berikut adalah faktor penyebab ASI susah keluar.

Stres dan kelelahan

Stres dan kelelahan dapat mempengaruhi produksi ASI, karena hormon stres kortisol dapat menghambat produksi hormon ASI prolaktin dan oksitosin.

Tidak cukup minum air

Ketika ibu menyusui tidak cukup minum air putih, tubuh akan merasa kekurangan cairan dan memprioritaskan memasok cairan ke organ vital lainnya, bukan ke ASI.

Tidak cukup makan makanan bergizi

Kebutuhan nutrisi ibu menyusui lebih tinggi daripada orang biasa. Bila tidak cukup memenuhi nutrisi yang dibutuhkan, tubuh tidak bisa memproduksi ASI dengan baik.

Penggunaan obat-obatan tertentu

Beberapa obat-obatan dapat mempengaruhi produksi ASI, seperti obat antihipertensi, obat penghilang rasa sakit, dan kontrasepsi hormonal.

Masalah kesehatan tertentu

Beberapa masalah kesehatan seperti masalah tiroid, infeksi payudara, dan pola makan yang tidak sehat dapat mengganggu produksi ASI.

Dalam hal apapun, jika mengalami masalah dengan produksi ASI yang susah keluar, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau konselor laktasi untuk mendapatkan bantuan dan dukungan.

 

Penulis: Audi Regita Salsabila

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading