Sukses

Parenting

Review Buku Seni Mengasuh Bayi 0-1 Tahun ala Dokter Anak

Fimela.com, Jakarta Merawat dan mengasuh bayi bisa menjadi suatu hal yang cukup menantang. Apalagi bagi para orangtua baru, ada banyak hal baru yang pastinya perlu dipahami dan dipelajari lagi dalam merawat bayi. Rasa bingung hingga tertekan pun mungkin dirasakan dalam proses merawat byi, khususnya di tahun pertama si kecil.

Seni Mengasuh Bayi 0-1 Tahun ala Dokter Anak, buku yang satu ini bisa menjadi salah satu referensi yang bisa dipakai dalam merawat bayi. Ada panduan antipanik pascamelahirkan, menjaga bayi tetap sehat, hingga memahami tahapan tumbuh kembang bayi per tiga bulan yang perlu diketahui. Ditulis oleh seorang dokter anak, buku ini bisa menghadirkan panduan umum yang komprehensif dalam merawat bayi dengan lebih baik sekaligus memastikan tumbuh kembangnya optimal.

 

Seni Mengasuh Bayi 0-1 Tahun ala Dokter Anak

Judul: Seni Mengasuh Bayi 0-1 Tahun ala Dokter Anak

Penulis: Rebekah Diamond, M. D.

Penerjemah: Berliani M. Nugrahani

Penyunting: Nurjannah Intan

Perancang sampul: Musthofa Nur Wardoyo

Ilustrasi sampul: Vinsensia Novi

Pemeriksa aksara: Nurani Puspitosari, Fitriana

Penata aksara: Musthofa Nur Wardoyo

Menjadi orang tua baru di era “segala hal bisa dicari di internet” sangat berpotensi mencengkeram kita di ladang kebingungan, kekhawatiran, dan terjebak pada informasi yang salah akibat terlalu banyaknya informasi.

Rebekah Diamond, M.D. , dokter anak, ibu pekerja, sekaligus aktivis parenting yang dipercaya oleh majalah Parents dan NBC atas nasihatnya yang mahir, akan memandu Anda membuat berbagai pilihan pada masa 12 bulan pertama kehidupan anak Anda. Dengan penelitian terkini yang otoritatif, buku ini akan memuat pengetahuan lengkap tentang:

- Seni pengasuhan yang berorientasi pada kesehatan mental orang tua

- Tindakan medis wajib selama 48 jam pertama pada bayi

- Serba-serbi menyusui yang nyaman bagi ibu dan bayi

- Alasan mengapa vaksin penting dan tidak membahayakan

- Cara menerjemahkan kotoran bayi

- Pedoman tidur yang aman dan cegah SIDS

- Sleep training maupun screen time yang efektif

- Semua hal tentang tumbuh gigi dan kebersihan mulut

- Obat/suplemen kimiawi vs organic

- Mitos seputar tumbuh kembang anak yang sebaiknya dihindari

Dengan gaya menulisnya yang penuh kepedulian, buku ini akan menjelma menjadi sahabat yang sangat memahami berbagai kekhawatiran orang tua baru.

***

"Bulan pertama paling berisiko—pada masa ini, bayi membutuhkan perawatan di rumah sakit jika mereka menderita demam, tertular virus, dan terlalu kepanasan atau kedinginan akibat paparan udara luar." (hlm. 51)

"Jika Anda berbagi ranjang dengan bayi, Anda harus mengikuti sejumlah peraturan mendasar berikut ini: kasur keras yang digelar di lantai; tidak memakai selimut; tidak memakai alas tidur co-sleeper mahal; bayi diletakkan di bagian luar di samping ibu, tidak di antara kedua orang tua; tidak ada yang minum alcohol, mengonsumsi obat-obatan, atau merokok; dan Back to Sleep masih harus diutamakan." (hlm. 83)

"Empeng dapat menyebabkan ketergantungan, dan menyapih anak dari empeng merupakan tantangan tersendiri—tetapi Anda dapat menggunakan beberapa teknik minim stres sederhana untuk menghentikan kebiasaan empeng balita Anda." (hlm. 162)

"Mempelajari bahasa semestinya menyenangkan. Semua pengasuh sebaiknya berbicara dengan bahasa yang paling nyaman mereka gunakan, sehingga mereka dapat lebih banyak bicara, memberikan perhatian, dan berinteraksi—karena itu lebih penting daripada apa pun." (hlm. 188)

Buku ini memuat gambaran umum tentang tahap tumbuh kembang bayi per tiga bulan. Dari sejak bayi lahir hingga bayi mulai siap makan. Berbagai topik penting dibahas di buku ini, mulai dari soal suntikan untuk bayi, memahami cara menerjemahkan kotoran bayi, mencegah ruam popok bayi, pedoman tidur yang aman dan nyaman, melatih anak tidur, memahami tentang empeng, membangun kebiasaan membaca, pertumbuhan gigi bayi, hingga soal sejumlah tips praktis menjadi orangtua yang tetap tenang dan tidak gampang stres dalam merawat buah hati tercinta.

Orangtua tak perlu lagi panik berlebihan dalam merawat bayi. Tak perlu lagi bingung dalam memilih cara atau metode yang tepat untuk memastikan tumbuh kembang bayi berlangsung optimal. Rebekah Diamond, M. D., penulis buku ini merupakan seorang dokter anak sekaligus seorang ibu sehingga banyak pemaparannya yang didasarkan pada rujukan ilmiah disertai pengalaman langsung dalam merawat bayi. Dia pun memberi sudut pandang lebih luas tentang bagaimana orangtua juga bisa berusaha menyesuaikan metode atau cara yang tepat sesuai kebutuhan masing-masing. Sehingga orangtua tidak harus selalu merasa tertekan ketika menghadapi perbedaan cara merawat atau pemilihan metode.

Dengan akses internet yang semakin cepat serta banyaknya influencer di media sosial, orangtua mungkin kerap merasa bingung harus memercayai atau menggunakan referensi apa dalam mengasuh bayi. Di buku ini ditekankan betapa pentingnya menjadi orangtua yang lebih bijaksana. Orangtua diharapkan tetap berusaha menggunakan referensi ilmiah dan terpercaya dalam pemilihan teknik, cara, atau metode merawat bayi yang tepat.

Buku ini cocok dibaca oleh siapa saja yang butuh gambaran mendasar tentang cara merawat bayi usia 0-1 tahun. Para orangtua baru, para calon orangtua, hingga yang tertarik dalam proses perawatan dan pengasuhan bagi, bisa menadikan buku ini sebagai salah satu sumber referensi agar tidak gampang panik atau bingung dalam merawat buah hati yang baru lahir.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading