Sukses

Parenting

Sederet Manfaat Nonton Bareng Keluarga untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Salah satu aktivitas yang pasti disukai anak adalah menonton film, baik itu sendiri maupun bersama keluarga. Melalui film, banyak sekali hal yang dapat dipetik dan dijadikan bekal untuk menjalani kehidupan. Maka dari itu, film dapat membantu seseorang melihat sisi lain kehidupan yang sering tidak terlihat sebelumnya. Namun, siapa sangka dengan menonton film akan ada banyak sekali dirasakan oleh Si Kecil?

Di masa yang sudah serba cepat, para orangtua sering mengesampingkan waktu untuk dihabiskan bersama anak-anak. Padahal, anak-anak membutuhkan waktu untuk melakukan aktivitas bersama keluarganya agar hubungan baik di antara anggota keluarga terbentuk. Salah satu kegiatan sederhana yang dapat dilakukan adalah menonton film. Duduk di sofa, nyalakan televisi, putar film kesukaan, dan tonton bersama keluarga. Kegiatan sederhana tersebut ternyata dapat memberikan berbagai macam manfaat baik bagi tumbuh kembang anak, loh! Namun, pastikan film yang ditonton adalah film yang sesuai dengan usia anak, ya.

Dilansir dari The Mother Huddle, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih film untuk ditonton bersama anak. Pertama, pastikan film tersebut sudah lulus sensor sesuai usia anak, usahakan untuk memeriksa berulang kali untuk memastikan bahwa film tersebut cocok untuk anak. Selain itu, carilah film yang memiliki nilai-nilai moral yang baik di dalamnya, tidak hanya sekadar unsur menghibur saja. Hindari juga film-film yang mengandung banyak kata-kata kasar, tindakan kekerasan, hingga adegan dewasa. Nah, jika sudah memeriksa hal-hal tersebut, silakan nikmati waktu bersama anak dengan menonton film. Dilansir dari DMCI Communities, inilah 6 manfaat dari menonton film bersama keluarga bagi anak.

Memperkuat ikatan keluarga

Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga dapat meningkatkan ikatan di dalam keluarga. Salah satu aktivitas terbaik yang dapat dilakukan untuk mempererat hubungan antaranggota keluarga adalah dengan menonton film bersama. Menonton film bukan hanya sebatas aktivitas yang menyenangkan, tetapi juga aktivitas yang dapat mendekatkan hubungan antaranggota keluarga. Pastikan film yang ditonton merupakan film yang cocok untuk anak-anak, ya!

Meningkatkan kesuksesan akademik

Melakukan aktivitas bersama keluarga merupakan investasi yang layak untuk dilakukan. Faktanya, anak-anak yang menghabiskan banyak waktu dengan orangtuanya memiliki perfoma yang lebih  baik di sekolah dibandingkan dengan anak-anak lain. Terdapat studi yang menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu bersama orangtuanya di akhir pekan memiliki nilai ujian yang lebih tinggi dan besar kemungkinannya untuk lulus lebih cepat. 

Mengurangi permasalahan etika

Salah satu manfaat dari menonton film bersama adalah anak dapat memiliki etika yang baik. Ketika mereka tidak banyak menghabiskan waktu dengan keluarganya, anak-anak cenderung memiliki sifat yang destruktif. Sementara itu, jika anak-anak memiliki banyak waktu yang dihabiskan bersama keluarganya, maka mereka dapat mendapatkan contoh-contoh etika yang baik. Sebagai orangtua, Sahabat Fimela juga dapat menjelaskan hal-hal yang terjadi di dalam film agar anak-anak mendapatkan pemahaman yang menyeluruh. Dengan demikian, anak-anak dapat belajar tentang nilai-nilai yang harus dimiliki untuk menjadi pribadi yang baik.

Meningkatkan kepercayaan diri

Menonton film bersama di akhir pekan merupakan aktivitas yang cocok untuk meningkatkan hubungan antaranggota keluarga. Ketika anak-anak sudah mengetahui bahwa ia memiliki keluarga yang dekat dengan satu sama lain, mereka akan menjadi jauh lebih percaya diri dan pribadinya menjadi lebih cerah. Terlebih lagi, anak-anak yang memiliki keluarga yang berhubungan baik biasanya lebih terbuka kepada teman-temannya. Dengan melakukan aktivitas yang mempererat hubungan keluarga, anak-anak akan menjadi lebih produktif dan hal tersebut akan meningkatkan tingkat kepercayaan diri mereka.

Mengurangi pertengkaran adik kakak

Anak-anak selalu ingin perhatian penuh dari orangtuanya. Namun, tidak selamanya orangtua dapat membagi perhatian dengan adil. Ketidakadilan perhatian tersebut dapat berujung pada pertengkaran dan perselisihan antarsaudara. Dengan menonton film bersama, Sahabat Fimela telah memberikan kesempatan bagi mereka untuk saling berbicara dan berinteraksi dengan positif. Orangtua juga memiliki waktu untuk membangun hubungan baik dengan anak, lalu anak-anak juga akan merasa mendapatkan kasih sayang yang besar. Dengan demikian, tidak akan ada lagi kompetisi di antara keduanya dan perselisihan dapat dihindari.

Meningkatkan kemampuan sosial dan komunikasi

Kemampuan anak untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dipupuk pertama kali di rumah. Anak-anak pertama kali belajar bagaimana untuk menjalin hubungan dengan orang lain di rumah. Maka dari itu, Sahabat Fimela harus mengajak anak untuk beraktivitas bersama keluarga di akhir pekan untuk melatih kemampuan mereka dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. Menonton film bersama dapat mendorong anak untuk berkolaborasi bersama orang lain dengan baik.

 

Penulis: Karina Alya.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading