Sukses

Relationship

7 Hal yang Bisa Merusak Hubungan Jauh, Berhati-hatilah!

Fimela.com, Jakarta Menjalin hubungan jarak jauh memang tidaklah mudah. Terkadang banyak orang yang gagal dalam menjaga komitmen dan kepercayaan dari pasangan yang pada akhirnya membuat hubungan mereka kandas. Tapi, tak sedikit pula yang berhasil memperjuangkan cinta mereka.

Adanya jarak, membuat kalian harus saling menjaga komunikasi, kepercayaan dan kejujuran. Tapi, ketika salah satu aspek tersebut dilanggar, maka hubungan bisa terasa goyah dan mudah berakhir. Tanpa disadari, kita sering melakukan kesalahan yang dapat menghancurkan hubungan jarak jauh, lho.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa merusak hubungan jarak jauh. Yuk, langsung simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Kurangnya Komunikasi Terbuka

Komunikasi yang terbuka dan jujur adalah kunci dalam hubungan jarak jauh. Kadang-kadang, karena jarak dan perbedaan waktu, kita cenderung menahan perasaan atau menyembunyikan masalah yang muncul. Namun, hal ini hanya akan memperburuk situasi. Cobalah untuk selalu berbicara secara terbuka tentang perasaanmu dan berbagi apa yang sedang kamu alami.

2. Ketergantungan pada Teknologi

Meskipun teknologi memudahkan kita untuk tetap terhubung, terlalu bergantung pada pesan teks atau panggilan video bisa membuat hubungan terasa kurang nyata. Kadang-kadang, membutuhkan sentuhan fisik atau tatapan mata yang langsung lebih penting daripada sekadar pesan singkat. Jadi, sebisa mungkin, carilah waktu untuk bertemu secara langsung atau menggunakan sarana komunikasi yang lebih intim.

3. Kurangnya Waktu untuk Dirimu Sendiri

Dalam hubungan jarak jauh, seringkali kita cenderung fokus pada hubungan itu sendiri dan melupakan kebutuhan akan waktu untuk diri sendiri. Namun, penting untuk tetap menjaga keseimbangan antara waktu yang kamu habiskan bersama pasanganmu dan waktu yang kamu habiskan untuk merawat dirimu sendiri. Luangkan waktu untuk mengejar hobi, menghabiskan waktu dengan teman-teman, atau sekadar bersantai sendiri.

4. Rasa Cemburu yang Berlebihan

Cemburu memang bisa menghancurkan hubungan, terlebih lagi dalam hubungan jarak jauh di mana kepercayaan sangatlah penting. Terlalu sering memeriksa media sosial pasanganmu atau bertanya terus-menerus tentang kegiatan mereka bisa membuat hubungan menjadi tegang dan tidak sehat. Percayalah pada pasanganmu dan komunikasikan rasa cemburumu secara terbuka tanpa menyalahkan.

5. Tidak Mengatur Waktu untuk Bertemu

Rencana untuk bertemu merupakan hal yang penting dalam hubungan jarak jauh. Ketika tidak ada rencana yang jelas, akan mudah bagi kalian berdua untuk merasa terputus dan kehilangan tujuan. Buatlah jadwal kunjungan atau liburan bersama sehingga kalian memiliki sesuatu untuk dinantikan dan menjadi motivasi untuk terus berjuang.

6. Kurangnya Pengertian tentang Perbedaan Waktu dan Ruang

Perbedaan waktu dan ruang dalam hubungan jarak jauh bisa menjadi tantangan tersendiri. Salah satu dari kalian mungkin terjebak dalam rutinitas yang berbeda atau bahkan berada di sisi dunia yang berlawanan. Penting untuk memahami dan menghargai situasi satu sama lain serta mencari waktu yang cocok untuk berkomunikasi dan berbagi momen bersama.

7. Kegagalan dalam Menetapkan Tujuan Bersama

Tanpa tujuan yang jelas, hubungan jarak jauh bisa kehilangan arah dan akhirnya meredup. Tentukan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang yang ingin kamu capai bersama sebagai pasangan. Misalnya, merencanakan untuk tinggal bersama di masa depan atau merayakan ulang tahun pernikahan di tempat yang istimewa. Dengan memiliki tujuan yang sama, kalian akan lebih termotivasi untuk menjaga hubungan tetap kuat dan berkelanjutan.

Jadi, sahabat Fimela, apakah kamu mengenali kebiasaan-kebiasaan di atas dalam hubungan jarak jauhmu? Jangan khawatir jika kamu pernah melakukan salah satunya, karena yang penting adalah kesediaan untuk memperbaiki dan mengkomunikasikan kebutuhanmu. Dengan menghindari kebiasaan yang merusak tersebut, hubungan jarak jauhmu bisa tetap bahagia dan langgeng!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading