Sukses

Lifestyle

Membersihkan Sayuran Hijau agar Bebas dari Ulat, Coba Tips Ini

Fimela.com, Jakarta Pernah tidak saat menikmati sayuran, tiba-tiba mendapati masih ada ulat yang menempel pada sayuran yang dimasak? Sebenarnya ulat yang tak sengaja tertelan karena ikut termasak pada sayur tidak terlalu berdampak negatif pada tubuh. Tapi memang kadang cukup mengganggu jika mendapati sayuran yang kita konsumsi masih berulat.

Untuk memastikan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, kacang panjang, dan brokoli bebas dari ulat, proses pembersihannya harus lebih teliti. Kita bisa membersihkannya dengan menggunakan air keran atau air yang mengalir untuk memudahkan kita membuang kotoran atau ulat yang menempel pada sayuran. Selain itu, kita juga bisa menggunakan larutan garam untuk mengeluarkan ulat dari sayuran.

Larutan Garam untuk Merendam Sayuran

Siapkan larutan garam untuk merendam sayuran hijau. Wadah atau baskom yang berisi air dan garam bisa disiapkan terlebih dahulu. Kemudian, rendam sayuran selama beberapa menit agar ulatnya keluar dan bisa segera dibersihkan. Cukup rendam selama kurang lebih 5 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Sayuran yang sudah direndam air garam dan dibersihkan perlu segera diolah. Karena jika malah dibiarkan atau disimpan kembali, dikhawatirkan nanti sayuran hijau malah akan gampang busuk. Jadi, begitu selesai direndam air garam, sayuran perlu langsung dimasak.

 

Baking Soda dan Cuka Juga Bisa Digunakan untuk Membersihkan Sayuran

Bila ingin memastikan sayuran bebas dari kotoran dan residu pestisida, kita bisa menggunakan larutan baking soda atau larutan cuka. Siapkan baskom berisi air, lalu tambahkan 1 sdm baking soda. Rendam sayuran selama sekitar 10 menit lalu bilas hingga kotorannya benar-benar luru. Bisa juga merendam sayuran ke dalam baskom berisi air yang ditambah dengan sedikit cuka. Hanya saja mungkin rasa sayuran akan sedikit berubah setelah selesai direndam.

Semoga tips di atas bisa memudahkanmu dalam proses mencuci dan membersihkan sayuran sebelum dimasak, ya. Atau kalau punya tips lain, boleh lho bagi infonya juga di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading