4 Camilan Bernutrisi Tinggi yang Sebaiknya Dikonsumsi Jika Ingin Hamil

Mimi Rohmitriasih diperbarui 24 Des 2022, 09:20 WIB

Fimela.com, Jakarta Bagi pasangan yang telah menikah, umumnya akan melakukan program hamil. Apalagi jika pernikahan yang dijalani sudah berlangsung cukup lama. Tak hanya pasangan yang belum memiliki anak yang ingin hamil. Beberapa pasangan yang telah memiliki anak, nyatanya masih juga merencanakan program kehamilan untuk mendapatkan anak kedua, ketiga dan seterusnya. 

Apakah saat ini Sahabat Fimela dan suami juga termasuk pasangan yang merencanakan kehamilan? Ada banyak persiapan yang perlu dilakukan agar Mom bisa lekas hamil. Salah satu persiapan tersebut adalah asupan nutrisi atau makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa camilan yang disarankan untuk dikonsumsi lebih banyak saat menjalankan program kehamilan. Camilan ini bisa bantu menutrisi tubuh dengan baik dan memberikan peluang kehamilan lebih tinggi. 

Berikut beberapa camilan tersebut.

What's On Fimela
2 dari 5 halaman

Camilan dengan Kandungan Asam Folat

Ilustrasi Buah Pepaya Credit: pexels.com/Alleksana

Asam folat memiliki peran besar dalam menentukan keberhasilan progam hamil. Makanan megandung ssam folat adalah camilan sehat yang penting bahkan wajib dikonsumsi saat merencanakan kehamilan. Asam folat juga sangat penting dikonsumsi saat Mom hamil muda. Adapun camilan dengan asam folat tinggi di dalamnya antara lain buah alpukat, sereal, brokoli, kentang, bayam, pepaya, jeruk hingga kacang-kacangan.

3 dari 5 halaman

Produk Olahan Susu

ilustrasi keju penyebab bau mulut/pexels

Camilan dengan kandungan susu seperti keju dan yogurt juga penting dikonsumsi selama program hamil. Nutrisi pada susu bisa menyehatkan sistem reproduksi. Ini juga bisa membuatmu merasa lebih tenang dan fokus dalam merencanakan kehamilan. Tapi, usahakan untuk konsumsi susu atau olahannya yang rendah lemak. Lemak berlebih pada susu bisa menyebabkan obesitas. Obesitas sendiri bisa menurunkan keberhasilan program hamil yang dijalani.

4 dari 5 halaman

Camilan dengan Kandungan Protein

Ilustrasi Protein, Asam Amino (Photo created by master1305 on Freepik)

Protein adalah nutrisi penting untuk menunjang keberhasilan program kehamilan. Perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan protein sehat di dalam kacang-kacangan seperti kacang polong atau kacang hijau. Konsumsi juga protein dari ikan. Meski protein baik, usahakan untuk menghindari camilan berprotein tinggi yang berasal dari daging merah (sapi, kambing, babi dan sejenisnya).

5 dari 5 halaman

Buah Beri

ilustrasi buah beri mencegah jantung/pexels

Buah-buahan dari jenis beri seperti strawberi, blueberi, ras beri dan sejenisnya kaya akan antioksidan. Buah ini memiliki nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesuburan. 

Itulah sekian camilan sehat, bernutrisi tinggi dan lezat yang sebaiknya dikonsumsi jika ingin cepat hamil. Selain perbanyak konsumsi makanan di atas, agar cepat hamil Mom perlu menerapkan pola hidup sehat, hindari stres, istirahat cukup dan rutin berhubungan intim. Bila perlu, konsultasikan program kehamilan dengan ahlinya.

#WomenForWomen