Sukses

Beauty

Terlalu Kurus, Begini Cara Menaikkan Berat Badan yang Tepat

Segala sesuatu yang berlebihan faktanya tidak baik. Terlalu gemuk atau terlalu kurus, sama-sama punya dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Jika selama ini rasanya sulit menaikkan berat badan, mungkin ada yang keliru dengan pola makan.

Layaknya menurunkan berat badan, menaikkan bobot tubuh juga harus dilakukan dengan tepat, agar tetap sehat dan ideal. Konsultan Gizi dari Iradat Consultan, Rita Ramayulis menjelaskan trik menaikkan berat badan.

Menurut Rita, menaikkan berat badan bukan dengan cara mendapatkan energi dari protein. Pertama yang harus dilakukan, menambah jumlah kilogram di tubuh dengan cara mengonsumsi makanan sumber energi total.

"Mulai dari tambah lemak dulu, tapi yang sifatnya adalah lemak tidak jenuh. Biasanya didapatkan dari makanan di luar menu sehari-hari, seperti alpukat," jelas Rita.

Selain itu, ekstrak lemak tidak jenuh juga bisa didapatkan dari minyak jagung atau minyak zaitun. Jadi minyak tersebut digunakan bukan untuk proses pengolahan atau dimasak. Tapi untuk dioleskan pada makanan.

"Misalnya saat sarapan telur, tambahkan 1 sdt minyak zaitun. Bisa juga pakai minyak VCO (bukan minyak kelapa sawit," kata Rita.

Rita juga menegaskan, ketika akan menaikkan berat badan pilihlah susu yang kaya lemak, seperti full cream. Namun tidak 'lari' pada minyak yang digoreng atau bahkan santan kental.

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Sehat Mengatasi Tubuh yang Gampang Capek
Artikel Selanjutnya
Perut Kekenyangan, Lakukan Olahraga Ini untuk Melancarkan Pencernaan