Sukses

Beauty

Hindari Kebiasaan yang Bisa Membuat Rambut Cepat Rusak

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut yang sehat, lembut dan berkilau, merupakan idaman setiap perempuan. Untuk membuat rambut tampak sehat, lembut dan berkilau, harus rajin melakukan perawatan rambut. Jika tidak rajin merawat rambut, rambut akan mudah rontok, patah hingga berketombe.

Rambut rusak bisa disebabkan karena terlalu banyak menggunakan produk berbahan kimia, pengering rambut, bahkan beberapa kegiatan sehari-hari bisa membuat rambut cepat rusak.

Agar rambut tidak mudah rusak, kenali beberapa kebiasaan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan rambutmu, dilansir dari berbagai sumber:

Terlalu Sering Mencuci Rambut

Hindari kebiasaan yang sering dilakukan, seperti mencuci rambut atau keramas terlalu sering, karena bisa menyebabkan rambut cepat rusak.

Walaupun mencuci rambut bisa membuat rambut bersih, dan membantu mengatasi masalah rambut, namun terlalu sering mencuci rambut bisa menghilangkan minyak alami pada rambut.

Seharusnya mencuci rambut dilakukan kurang lebih 3 atau 4 kali seminggu, untuk menjaga kelembapan rambut, dan mengontrol minyak asli di rambut.

Terlalu Banyak Menggunakan Kondisioner

Untuk menjaga rambut agar tidak mudah rusak, usahakan jangan terlalu banyak menggunakan kondisioner, walaupun kondisioner berfungsi menjaga kesehatan rambut.

Seharusnya kondisioner digunakan pada ujung rambut, dan tidak dibolehkan mengenai kulit kepala, karena bisa membuat rambut lepek dan berminyak.

Rambut yang terlalu lepek atau berminyak, bisa menyebabkan ketombe, yang membuat rambut gatal dan cepat rusak.

Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Setiap perempuan pasti sangat senang berkreasi dengan rambutnya, seperti mengikat rambut dengan berbagai gaya, untuk membuat penampilan lebih cantik. Untuk membuat rambut tetap sehat, kuad dan tidak mudah rontok, usahakan jangan terlalu kencang mengikat rambut.

Karena mengikat rambut terlalu kencang, bisa membuat kulit kepala menjadi stres, melemahkan helai rambut yang mengakibatkan rambut cepat rontok dan patah.

Terlalu Sering Menggunakan Pengering

Terlalu sering menggunakan alat pengering, bisa membuat rambut cepat rusak, karena alat pengering memiliki suhu yang panas. Suhu panas yang terdapat pada pengering, membuat minyak rambut berkurang, sehingga menyebabkan rambut mudah patah.

Selain itu, terlalu sering menggunakan alat pengering dengan suhu panas, bisa membuat rambut bercabang dan kering.

Terlalu Sering Menggunakan Bahan Kimia

Terakhir, hindari kebiasaan terlalu sering menggunakan bahan kimia, karena bisa membuat rambut cepat rusak. Kandungan kimia pada suatu produk, memiliki bahan yang kuat, sehingga bisa menghilangkan minyak alami pada rambut.

Akibatnya rambut akan menjadi sangat kering, bercabang, mudah patah atau cepat rontok. Untuk itu rajinlah menggunakan masker rambut, jika Sahabat Fimela memiliki rambut yang terlalu sering terkena bahan kimia, seperti rambut yang diwarnai.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Kompetisi Online Nail Art se-Indonesia Berhadiah Beasiswa
Artikel Selanjutnya
Masker Rambut Alami Berbahan Dasar Kuning Telur untuk Rambut Kusam