Sukses

Beauty

Selalu Tampil Flawless, Makeup Artis Rihanna Bocorkan Rahasianya

Fimela.com, Jakarta Sosok Rihanna kerap dikagumi berkat penampilannya yang menawan. Pulasan makeup yang berkarakter selalu sukses mencuri perhatian banyak orang.

Namun, riasannya tersebut tak melulu dihasilkan dari skincare atau makeup yang mahal. Hector Espinal, teman lamanya sekaligus penata rias global Fenty Beauty, ada di balik riasan rihanna yang berkilau.

Untuk menciptakan hasil makeup sempurna ala Rihanna, ternyata Espinal memiliki rahasia tersendiri. Tanpa harus menggunakan banyak produk, Espinal membeberkan trik riasan yang natural, namun tampak flawless dan bercahaya, bahkan ramah dengan masker wajah. Seperti yang dilansir dari Revinery29, simak triknya berikut ini.

1. Mulailah dengan skincare

Kebanyakan orang melewatkan skincare sebelum menggunakan makeup. Padahal menurut Espinal, penggunaan produk perawatan kulit akan memberikan hasil makeup yang lebih sempurna.

" Tanpa perawatan kulit, saya tidak bisa melakukan riasan. Itu tidak akan berhasil, tetapi dengan menggunakan produk perawatan kulit, semua riasan yang diaplikasikan akan terlihat bagus. Namun jika tidak melakukannya, saat itulah kamu akan melihat lebih banyak tekstur," ujarnya.

Meskipun tekstur kulit bukanlah hal yang buruk, tetapi jika ingin meminimalkan munculnya pori dan noda hitam bekas jerawat, Espinal mengungkapkan pelembap kulit adalah salah satu kuncinya "Pembersih, toner, dan pelembap yang bagus diikuti dengan krim mata, dan selesai," kata Espinal.

Sementara untuk mendapatkan kulit yang kencang dalam sekejap, Espinal membagikan trik khusus dengan memadukan foundation dengan primer atau moisturizer. "Saya mencampurnya dengan jari saya atau spons dan hanya itu," katanya. Menurut Espinal, Rihanna suka menggunakan alas bedak yang tipis untuk mendapatkan hasil akhir yang natural dan bercahaya.

2. Tiga produk untuk mendapatkan makeup natural

Untuk menghasilkan makeup yang natural bak tanpa menggunakan makeup atau yang kerap disebut makeup no makeup look, tanpa menggunakan foundation, Espinal mengaku hanya menggunakan tiga produk makeup. Yaitu concealer, cream blush, dan maskara.

Menurut Espinal, concealer merupakan kunci untuk menghasilkan riasan tercepat dan natural. "Concealer adalah produk cheat tercepat untuk mendapatkan tampilan ini," ujarnya.

Selain concealer, Espinal juga mengoleskan cream blush ke bagian pipi Rihanna dan maskara, agar wajah tetap terlihat lebih fresh. "Saya mengoleskan krim perona pipi ke bagian apel pipi dan banyak maskara untuk tampilan yang benar-benar terjaga," jelasnya.

3. Pakai sedikit concealer

Walaupun tidak menggunakan foundation, bukan berarti concealer yang digunakan harus memenuhi wajah Anda. Espinal percaya bahwa menggunakan sedikit concealer saja sudah cukup. Tetapi tentu penempatan concealer di wajah menjadi sangat penting.

Alih-alih mengaplikasikan concealer dalam bentuk segitiga di bawah mata, Espinal menargetkan concealer di inner corner. Kemudian dia kembali mengaplikasikannya di bawah mata untuk menyembunyikan mata panda.Espinal juga lebih memilih menggunakan jari saat mengoleskan concealer."Jari adalah alat yang hebat untuk memadukan concealer," kata Espinal.

Namun, jika Anda tak ingin mengotori tangan, Espinal menyarankan untuk menggunakan ujung spons atau kuas eyeshadow. "Kamu bisa menggunakan ujung spons Anda. Tapi saya selalu memiliki kuas eyeshadow yang lembut karena memberikan efek airbrush yang bagus dan berkilau," terang Espinal.

Agar menemukan warna concealer yang tepat dengan kulit Rihanna, Espinal membagikan tips dan trik terkait hal tersebut. Daripada menguji concealer di punggung tangan, menurut Espinal uji concealer terbaika dalah di lengen bagian dalam tepat di bawah pergelangan tangan. "Kamu akan mendapatkan warna yang lebih serasi dengan wajah," jelasnya.

 

4. Menggunakan lipgloss sebagai highlighter

Jika biasanya banyak orang yang mengaplikasikan highlighter pada area T-zone, Espinal malah sebaliknya. Demi mewujudkan riasan yang natural, Espinal memastikan area T-zone seperti hidung, dahi, dan dagu, bebas kilap."Saya memastikan T-zone bagus dan matte," kata Espinal.

Bukannya menggunakan highlighter untuk membuat wajah tampak berkilau, Espinal justru menggunakan lipgloss sebagai alternatifnya. Dia menyukai produk multiguna, karena itu ia sering menggunakan lipgloss sebagai highlighter pada tulang pipi.

"Letakkan sedikit di punggung tangan Anda dan haluskan dengan jari Anda, sehingga akan memberikan kelembapan yang sempurna tanpa terlihat berminyak," katanya.

Sementara untuk membuat riasan lebih alami, Espinal menyarankan untuk menggunakan face mist yang bisa melembabkan sekaligus membuat wajah glowing natural.

"Jika kamu ingin terlihat benar-benar alami, gunakan semprotan wajah yang melembapkan dan semprotkan di sisi wajah untuk menciptakan efek embun yang bagus," ujar penata rias andalan Rihanna tersebut.

5. Bronzer untuk riasan monokrom

Untuk penampilan sehari-hari khas Rihanna, adalah riasan monokrom, yakni menyesuaikan pipi dengan mata. Dalam hal ini, Espinal hanya membutuhkan satu produk, yaitu bronzer.

"Gunakan bronzer, bingkai pipi secara halus, dan gunakan pada kelopak mata. Ini benar-benar tampilan termudah untuk semua orang dan hanya mengakhirinya dengan maskara dan sentuhan lip gloss." ujarnya.

Espinal mengatakan untuk menghindari tampilan riasan monokromatik menggunakan blush on. Menurut Espinal, bronzer cukup sebagai penambah kehangatan pada riasan." Jadi tetap gunakan bronzer sebagai penambah kehangatan pada riasan," terangnya.

 

6. Menggunakan kuas saat mengaplikasikan foundation

Meski ia kerap menggunakan concealer, terkadang Espinal juga menggunakan foundation untuk tampilan yang lebih halus. Namun, agar menghasilkan riasan yang natural, trik dari Espinal adalah dengan menggunakan brush.

"Saya suka menggunakan kuas bronzer besar dan mengoleskan alas bedak ke seluruh wajah saya untuk tampilan air brushed. Tidak terasa berat atau berpindah, dan ramah untuk masker wajah." pungkasnya.

Penulis: Hilda

Loading
Artikel Selanjutnya
Merayakan Hari Kartini dengan Lipstik dan Eyebrow Terinspirasi dari 3 Cerita Rakyat
Artikel Selanjutnya
Blushed & On, Koleksi Busana Ready to Wear yang Terinspirasi dari Makeup