Sukses

Beauty

Hati-Hati, Kesepian Bisa Menyebabkan Kematian

Apakah Anda pernah berpikir bahwa hanya penyakit saja yang menyebabkan kematian? Pikirkan sekali lagi.

Penelitian membuktikan bahwa kesepian bisa menyebabkan kematian dini, dan resiko tersebut semakin meningkat setiap tahunnya. Hingga kini ada 14% kematian yang disebabkan oleh kesepian, demikian seperti dilansir Yahoo Shine.

"Kesepian dapat mempengaruhi fisik dan otak," menurut John Cacioppo, profesor psikologi dan peneliti utama topik studi tersebut. Bahkan setelah memperhitungkan perilaku, gaya hidup, diet dan olahraga, apabila Anda merasa kesepian, mak tidur bisa terganggu, tekanan darah tinggi, lonjakan hormon stres, kekebalan terganggu, peningkatan Depresi secara keseluruhan akan muncul.

Penelitian ini memang masuk akal, karena tak sedikit orang yang ditemukan mengalami penurunan dan kemampuan dalam melakukan kegiatan sehari-hari saat kesepian. Termasuk mandi, berpakaian, makan, bahkan bangun dari tempat tidur.

Mereka yang telah menginjak usia tua, memiliki 45% resiko kematian yang lebih tinggi ketika kesepian. Hal inilah yang juga mendorong banyak orang mempersiapkan pensiun dengan benar, sehingga mereka masih bisa melakukan travelling dan mengisi waktu mereka dengan banyak hal-hal yang berguna.

Kesepian didefinisikan sebagai pengalaman subyektif, dan isolasi sosial atau emosional atau keduanya. Membuat seseorang merasa ditolak dan dijauhi.

 

(vem/bee)
What's On Fimela
Loading

Live Streaming

Powered by