Sukses

Beauty

Kulit Awet Muda? Tambahkan Ini Agar Kulit Cantik Alami

Ilmu perawatan kulit tampaknya berkembang setiap hari. Satu hari, kita dihimbau untuk tidak menggunakan makeup berbahan dasar minyak. Di lain waktu, kita diberitahu bahwa itu baik untuk melembabkan kulit.

Satu hal yang semua orang setuju adalah bahwa melindungi kulit dari sinar UV matahari adalah yang sangat penting. Tabir surya merupakan komponen penting dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari semua orang. Delapan puluh persen penuaan dini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang langsung ke kulit. Bahkan, paparan sinar matahari juga bisa menimbulkan bercak-bercak dan perubahan warna kulit.

Tabir surya kimia adalah yang paling user-friendly. Mereka bekerja dengan cara menyerap ke dalam kulit dan menyerap sinar UV sebelum dapat menyebabkan kerusakan. Namun, tabir surya kimia dapat menyebabkan jerawat dan tidak selalu terasa nyaman di kulit. Tabir surya fisik atau mineral memantulkan sinar UV dan lembut untuk penggunaan sehari-hari, meskipun jenis ini dapat menimbulkan bercak putih di kulit saat mengering dan membuat aplikasi makeup menjadi lebih sulit.

Selain tabir surya, banyak ahli juga setuju retinol adalah komponen perawatan kulit lain yang juga penting untuk menahan penuaan dini. Retinol berguna untuk menyembuhkan jerawat dan mengurangi keriput. Retinol memicu regenerasi sel. Ini berarti, sel-sel kulit rusak akhirnya akan naik ke permukaan untuk menggantikan yang lama dan sisa-sisa sel kulit lama tersebut harus segera dibersihkan agar tidak menumpuk dan membuat kulit menjadi kusam berjerawat.

Retinol juga merangsang pembentukan kolagen. Kolagen adalah zat yang melembabkan dan membuat kulit tetap kencang dan kenyal. Kerutan terjadi ketika simpanan kolagen alami kita berkurang karena bertambahnya usia. Menghasilkan kolagen baru membantu untuk mengisi kerutan dan mencegah munculnya kerutan yang baru.

Chemical sxfoliating atau pengelupasan kimia dengan asam glikolat atau asam laktat, juga dianjurkan untuk kulit dewasa di atas usia 35 tahun. Pengelupasan kimia berfungsi meluruhkan sel-sel kulit mati dan mempercepat proses alami pembentukan lapisan kulit yang baru.

Serum vitamin C adalah tambahan perawatan yang bagus untuk dijadikan rutinitas kecantikan Anda. Serum vitamin C meningkatkan kekuatan pelindung dari tabir surya, dan membantu retinol dalam meregenerasi kolagen.

Ditinjau oleh: dr. Setiyo


(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading