Sukses

Beauty

7 Tips Diet untuk Menumbuhkan Rambut Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Bagaimana cara menumbuhkan rambut lebih cepat dan sehat? Selain faktor genetika yang memainkan peran utama dalam pertumbuhan dan kesehatan rambut, kita bisa menerapkan beberapa tips sederhana dari mengonsumsi makanan yang baik. Berikut 7 tips diet menumbuhkan rambut secara alami melansir dari food.ndtv.com;

1. Diet kaya protein

Diet kaya protein memainkan peran penting dalam pertumbuhan rambut. Rambut adalah 95% Keratin (protein) dan 18 asam amino (blok pembangun protein). Makan protein sehat membantu pertumbuhan rambut sementara kekurangan protein dapat menyebabkan pertumbuhan rambut lambat dan membuatnya lebih lemah. Banyak dari kita makan tinggi karbohidrat tapi lupa protein. Sumber protein yang baik termasuk telur, susu, paneer, yogurt, keju, ayam, unggas dan biji-bijian sereal tertentu seperti Quinoa.

2. Makan makanan yang kaya akan Biotin

Biotin adalah vitamin B dan dikaitkan dengan pertumbuhan rambut yang sehat. Lentil adalah sumber Biotin yang baik dan begitu juga almond, walnut, dan sayuran seperti kembang kol dan wortel. Lentil dan kacang-kacangan juga menambah protein dalam diet harian Anda.

 

3. Makanan kaya zat besi

Kekurangan zat besi menyebabkan suplai oksigen yang buruk ke jaringan kita dan ini termasuk folikel rambut juga. Selain zat besi, faktor lain - Feritin juga penting untuk pertumbuhan dan kekurangan rambut yang dikaitkan dengan kerontokan rambut dan pertumbuhan yang buruk. Zat besi dapat ditemukan dalam daging, unggas, telur dan sayuran berdaun hijau, buah-buahan seperti jambu biji. Suplementasi harus hanya di bawah bimbingan dokter.

 

4. Tambahkan lebih banyak vitamin seperti B12, B6, dan Folat

Vitamin memainkan peran utama dalam mencegah dan mengurangi anemia, oleh karena itu konsumsi harian akan membantu menjaga aliran nutrisi ke folikel rambut tetap kuat dan akan menjaga rambut dan kulit kepala tetap sehat. Rajma, kacang-kacangan, biji-bijian dan susu adalah sumber vitamin B yang baik.

 

5. Asam lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 memainkan peran penting dalam kesehatan rambut. Minyak ini penting untuk kesehatan kulit dan karenanya membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Kulit kepala kering dapat menyebabkan pertumbuhan rambut yang buruk. Lemak omega-3 berlimpah dalam ikan berlemak, biji rami, dan kenari.

 

6. Makanan kaya vitamin C

Vitamin C mungkin adalah nutrisi terpenting untuk kesehatan kulit. Kulit kepala yang sehat memastikan pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, Vitamin C sangat penting untuk penyerapan zat besi dan pencegahan anemia. Jadi, isi hari-hari Anda dengan buah jeruk, paprika, air lemon, dan banyak lagi.

 

7. Sertakan makanan kaya seng dalam diet

Seng adalah mineral yang dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil tetapi sangat penting untuk banyak proses penting dalam tubuh kita. Dalam hal kesehatan rambut, seng dikatakan membantu menjaga kesehatan folikel rambut. Ini juga digunakan oleh tubuh kita untuk mengikat protein. Biji-bijian utuh, polong-polongan, kacang tanah, biji bunga matahari merupakan sumber yang kaya akan seng.

 

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading