Sukses

Beauty

Tips Memilih Tinted Sunscreen untuk Pemilik Kulit Sensitif

Fimela.com, Jakarta Penggunaan tinted sunscreen makin banyak digemari, karena dinilai praktis dan bisa melindungi kulit dari sinar matahari serta meratakan warna kulit. Produk kosmetik yang menggabungkan perawatan kulit dan makeup ini terdiri dari campuran tabir surya dan kombinasi pigmen yang berasal dari senyawa kimia tertentu, sehingga menghasilkan warna yang bisa disesuaikan dengan warna kulit.

Tinted sunscreen mengandung filter UV mineral seperti zinc oxide dan titanium oxide, serta pigmen tambahan untuk memberikan warna yang cocok dengan kulit. Namun, memilih tabir surya tentu perlu pertimbangan sejumlah kriteria, khususnya untuk kulit sensitif. Tinted sunscreen yang sesuai akan membantu melindungi wajah dari sinar matahari yang merusak, sekaligus menawarkan cakupan ringan agar warna kulit lebih merata.

Khusus untuk Sahabat Fimela pemilik kulit sensitif, inilah tips untuk memilih tinted sunscreen yang tepat.

1. Memahami jenis kulit

Mengetahui jenis kulit sangat penting untuk memilih rangkaian dan produk perawatan kulit yang tepat. Bagi Sahabat Fimela kulit sensitif adalah jenis kulit yang mudah teriritasi, dan mungkin bereaksi terhadap berbagai elemen lingkungan atau produk perawatan kulit.

Efeknya kulit bisa memerah, gatal, terbakar, atau kering. Seseorang dengan kulit sensitif harus berhati-hati saat memilih produk dan harus mencari produk bertekstur lembut dan bebas wangi.

2. Mengidentifikasi jenis dan kebutuhan kulit

Mengidentifikasi jenis kulit sangat penting untuk menentukan rutinitas dan produk perawatan kulit terbaik Sahabat Fimela. Bagi pemilik kulit sensitif, cenderung bereaksi cepat terhadap berbagai pemicu, seperti bahan tertentu dalam produk perawatan kulit, tingkat kelembapan, masalah kulit spesifik (seperti jerawat, penuaan, hiperpigmentasi, atau sensitivitasnya), atau perubahan suhu. Hal ini dapat menunjukkan kemerahan, gatal, terbakar, atau iritasi saat terkena bahan iritan.

3. Cocokkan tinted sunscreen dengan kulit sensitif

Mencocokkan tabir surya dengan jenis kulit adalah hal penting untuk memastikan perlindungan yang tepat dan sesuai kebutuhan kulit. Untuk kulit sensitif, carilah tinted sunscreen yang berlabel "bebas wangi", "hipoalergenik", atau "lembut" untuk menjamin produk tersebut baik untuk kulit sensitif. Pilih tinted sunscreen dengan seng oksida atau titanium dioksida yang tidak terlalu mengiritasi kulit halus, dibanding tabir surya kimia.

4. Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tinted sunscreen untuk kulit sensitif

Untuk meminimalkan iritasi atau reaksi alergi, kulit sensitf perlu hati-hati khusus saat memilih tinted sunscreen.

1) Pilih tinted sunscreen dengan filter fisik atau mineral, seperti seng oksida dan titanium dioksida. Kedua bahan ini berada di atas kulit dan memantulkan sinar UV, sehingga kecil kemungkinan menyebabkan iritasi jika dibandingkan dengan tabir surya kimia.

2) Pilih tinted sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk memberikan perlindunga UVA dan UVB yang memadai. Nilai SPF yang lebih tinggi akan memberikan perlindungan lebih.

3) Wewangian diketahui dapat mengiritasi kulit sensitif. Untuk mengurangi risiko iritasi, carilah tinted sunscreen berlabel "bebas wangi" atau "tanpa pewangi".

4) Tinted sunscreen dengan daftar bahan yang lebih pendek cenderung tidak menyebabkan iritasi. Produk yang mengandung bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi seperti alkohol, paraben, sulfat, atau pewarna buatan harus dihindari.

5) Carilah tinted sunscreen yang mengandung bahan menenangkan seperti ekstrak lidah buaya, kamomil, atau oat. Bahan-bahan ini dapat digunakan untuk menenangkan dan melindungi kulit sensitif, sekaligus lebih mudah diaplikasikan karena formulanya yang ringan dan lembut.

6) Selain tabir surya, pertimbangkan untuk menggunakan perlindungan fisik seperti topi bertepi lebar, kacamata hitam, dan pakaian pelindung untuk lebih melindungi kulit sensitif Sahabat Fimela dari sinar matahari.

5. Memahami warna kulit

Memahami warna kulit dapat membantu Sahabat Fimela memilih riasan (makeup) sesuai dengan warna kulit alami. Termasuk tinted sunscreen, karena mengandung kombinasi pigmen yang bisa meratakan warna kulit.

Rona kulit adalah warna halus di bawah permukaan kulit yang terbagi dalam tiga kategori: cool tone, warm tone, dan neutral tone. Memahami warna kulit dapat membantu Sahabat Fimela memilih warna tinted sunscreen terbaik untuk melengkapi warna kulit. Tinted sunscreen sering kali tersedia dalam berbagai warna, mulai dari terang hingga gelap, dengan rona dasar bervariasi untuk melengkapi warna kulit yang berbeda.

 

Penulis: Miftah DK.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading