Sukses

Beauty

6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung Tanpa Bahan Kimia

Fimela.com, Jakarta Jerawat yang muncul di punggung bisa menjadi masalah yang mengganggu. Setelah jerawat hilang, seringkali bekasnya masih tetap berada di kulit punggung kita. Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung, tanpa harus menggunakan bahan kimia.

Kulit punggung memiliki lebih banyak kelenjar minyak dibandingkan dengan area tubuh lainnya. Jika produksi minyak berlebihan, pori-pori dapat tersumbat dan meradang, menyebabkan jerawat. Penggunaan produk kulit yang tidak cocok atau terlalu berat bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di punggung. Produk yang mengandung bahan kimia keras atau terlalu banyak minyak dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

Faktor genetik juga bisa berperan dalam munculnya jerawat di punggung. Stres dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal dalam tubuh, meningkatkan produksi minyak di kulit dan memicu jerawat punggung. Makanan tidak sehat, seperti makanan berlemak dan berminyak, dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dan memicu jerawat di punggung. Berikut adalah beberapa cara alami yang dapat membantu menghilangkan jerawat di punggung tanpa menggunakan bahan kimia:

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung

1. Jaga Kebersihan Kulit Punggung

Membersihkan kulit punggung secara teratur dengan sabun yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia keras dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori.

2. Mandi Setelah Aktivitas Berkeringat

Setelah beraktivitas fisik yang membuat berkeringat, segeralah mandi. Keringat yang mengering di kulit dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

3. Hindari Pakaian yang Terlalu Ketat

Pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan gesekan pada kulit dan memicu jerawat. Pilihlah pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang lembut dan tidak mengiritasi kulit.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung

4. Gunakan Pelembap Non-Komedogenik

Pelembap yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori dapat membantu menjaga kelembapan kulit tanpa menyebabkan timbulnya jerawat. Pastikan untuk memilih pelembap yang non-komedogenik.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Menghindari makanan berlemak dan berminyak, serta mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral dapat membantu menjaga keseimbangan hormonal dan mengurangi jerawat di punggung.

6. Hindari Memencet Jerawat

Meskipun sangat menggoda untuk memencet jerawat, hindarilah kebiasaan ini. Memencet jerawat dapat memperburuk peradangan, meninggalkan bekas, dan memperlambat proses penyembuhan.

Semoga jerawat di punggung cepat sembuh!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading