Sukses

Beauty

Tips Aman Mencoba Tester Makeup Saat Beli Langsung di Offline Store, Biar Bebas dari Masalah Kulit

Fimela.com, Jakarta Beli produk makeup memang cukup tricky, karena harus menyesuaikan dengan skin tone yang dimiliki. Nggak jarang sebagian perempuan merasa lebih nyaman untuk beli produk makeup favoritnya di offline store, karena bisa melihat langsung beragam warna atau shade yang tersedia sehingga lebih mudah menentukan mana yang sesuai dengan tone kulit.

Melihat banyaknya pilihan produk yang tersedia dan tester yang bertebaran sering banget bikin kamu ingin mencoba langsung produknya. Hal ini memang wajar untuk mengetahui seperti apa teksturnya dan apakah warnanya pas buat kamu. Tapi, apakah kamu sudah tahu kalau memakai tester makeup nggak boleh sembarangan, Sahabat Fimela?

Yup benar banget, tester makeup yang tersedia di toko atau counter kecantikan umumnya dipakai banyak orang. Risiko transfer bakteri dan kuman bisa terjadi jika menggunakan produk ini secara sembarangan. Hal tersebut tentu saja bisa menyebabkan berbagai masalah kulit, mulai dari gatal, berjerawat, hingga iritasi.

Supaya bisa tetap mencoba tester makeup demi mendapatkan produk yang tepat, ikuti beberapa panduan berikut ini yuk!

1. Hindari Penggunaan Langsung di Kulit Wajah

Kalau akan beli produk foundation atau lip makeup seperti lip cream atau lip tint, rasanya ingin mencoba langsung testernya pada area wajah atau bibir. Namun, cara ini sangat tidak disarankan karena berisiko menyebabkan permasalahan pada kulit wajah yang digunakan untuk mencoba produk tersebut.

Jadi, solusinya adalah dengan mengaplikasikan tester tersebut hanya di daerah pergelangan tangan atau rahang saja. Misalnya untuk produk lip cream cukup digunakan di pergelangan tangan, sementara untuk memilih shade foundation bisa diaplikasikan di area rahang. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko paparan kuman dan bakteri jika langsung dicoba di area kulit wajah.

2. Lebih Baik Membawa Tools atau Brush Sendiri

Selanjutnya, jika memang berniat untuk mencoba produk makeup yang ada di offline store, disarankan untuk menggunakan tools atau brush sendiri yang dibawa dari rumah. Misanya saja dengan membawa cotton bud atau brush yang memang cocok dipakai untuk mencoba share produk makeup yang akan dibeli.

Sekilas memang terkesan repot, tapi sebenarnya hal ini tetap demi menjaga kesehatan kulit. Bukan rahasia lagi kalau brush dan peralatan makeup lain menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Jadi, kalau kamu lebih sayang pada kulitmu sendiri, sebaiknya bawa sendiri tools yang bisa digunakan dari rumah.

3. Selalu Bawa Tisu Basah

Jangan lupa bagian yang satu ini. Membawa tisu basah sangat penting ketika akan mencoba dari produk tester makeup tertentu. Benda tersebut berfungsi untuk menghapus dan membersihkan sisa tester makeup yang sudah dicoba. Selain itu, tisu basah cenderung lebih praktis digunakan ketimbang harus membawa makeup remover seperti micellar water dan kapas untuk menghapusnya.

4. Pastikan Makeup Tidak Menempel Terlalu Lama

Setelah mencoba berbagai tester produk makeup yang diincar, jangan lupa untuk langsung membersihkannya. Kadang saking asyiknya mencoba produk satu per satu, jadi lupa juga untuk menghapus sisa makeup yang menempel di pergelangan tangan atau rahang.

Jangan biarkan hal ini terjadi, karena membersihkan tester makeup sesegera mungkin sangat penting. Hal ini dilakukan untuk menghindari lapisan kulit terkontaminasi kuman dan bakteri yang bisa memicu masalah seperti gatal hingga iritasi.

5. Jangan Lupa Cek Tanggal Kedaluwarsa Produk Tester

Hayo, siapa di sini yang sudah teliti mengecek tanggal kedaluwarsa produk tester yang akan digunakan? Jangan sampai lupa ya, karena ini penting banget untuk memastikan produk yang dicoba aman. Soalnya produk yang sudah melewati masa kedaluwarsa bisa menyebabkan masalah kulit. Jika menemukan produk tester semacam ini, kamu bisa bertanya langsung kepada beauty advisor yang bertugas untuk mendapatkan tester yang masih layak dipakai.

Bisa mencoba tester produk makeup secara langsung memang memberikan keuntungan tersendiri saat akan membeli produk incaran. Tapi, jangan lupakan keamanannya ya, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading