Sukses

Entertainment

5 Rekomendasi Bekas Lokasi Shooting Film Horor yang Bisa Dikunjungi, Liburan Sambil Latihan Jantung

Fimela.com, Jakarta Film dengan genre horor memang masih menjadi pilihan tontonan yang menarik bagi sebagian orang. Alur ceritanya yang memacu adrenalin menjadikan film horor menjadi salah satu genre film yang diminati banyak orang. Sehingga banyak orang yang juga penasaran dengan lokasi syuting dari film yang mereka tonton.

Para penggemar film tersebut bahkan ada yang sampai mengunjungi tempat tersebut. Ada yang sekedar berfoto-foto dan ada juga yang ingin bisa merasakan nuansa mencekam tersebut secara langsung. Bekas lokasi syuting tersebut seketika menjadi opsi menarik bagi mereka para pecinta film horor.

Berikut beberapa rekomendasi bekas lokasi syuting film horor yang bisa kamu jadikan referensi sebagai tempat liburan, dirangkum pada Senin (13/05/2024).

Hutan Wanagama

Di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terletak Hutan Wanagama, yang sebelumnya menjadi lokasi syuting film horor populer KKN Desa Penari (2022). Hutan ini dikelola oleh Fakultas Kehutanan UGM dan sebelumnya dikenal sebagai tempat untuk kegiatan alam seperti ospek dan outbond. 

Banyak orang yang telah mengunjungi atau bertugas di hutan Wanagama, merasakan adanya keangkeran di tempat tersebut, termasuk kru dan pemain film KKN Desa Penari. Mereka mengalami peristiwa horor seperti penampakan bayangan hitam dan putih, suara tawa, langkah kaki, hingga erangan.

Rumah Pengabdi Setan

Lokasi syuting film Pengabdi Setan (2017) dilakukan di kawasan PTPN VIII, Kampung Kertamanah, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Ada dua buah rumah yang digunakan dalam proses pembuatan film tersebut.

Rumah pertama masih ditempati dan tidak dapat dimasuki, namun diperbolehkan untuk mengambil foto di depannya. Sementara itu, rumah kedua kini dibiarkan kosong dan terbuka untuk umum. Untuk masuk ke dalamnya, pengunjung diwajibkan membayar tiket seharga Rp 10.000.

Rumah yang digunakan dalam Pengabdi Setan ini memang terkenal dengan kisah horornya. Warga sekitar sering melaporkan adanya penampakan hantu meneer dan anak-anak kecil Belanda di sekitar rumah, baik pada siang maupun malam hari.

TPU Jeruk Purut

TPU Jeruk Purut yang berlokasi di Jakarta Selatan, terkenal dengan cerita seram tentang hantu pastur yang kehilangan kepalanya. Cerita menyeramkan ini dimulai ketika seorang penjaga makam mengaku melihat hantu yang berpakaian seperti seorang pastur sambil membawa kepalanya sendiri dan ditemani oleh anjing hitam pada tahun 1986.

Keterangan dari penjaga makam ini kemudian tersebar luas dan menjadi terkenal melalui film Hantu Jeruk Purut (2006). Masyarakat percaya bahwa sosok hantu itu adalah seorang pastor yang dipenggal kepalanya.

Lawang Sewu

Bangunan Lawang Sewu, yang terkenal sebagai tempat syuting film "Lawang Sewu: Dendam Kuntilanak" (2007), memang sudah terkenal angker sebelum digunakan sebagai lokasi syuting. Saat Jepang menduduki daerah itu, Lawang Sewu diubah menjadi penjara untuk tawanan Indonesia dan Belanda, dengan ruang bawah tanahnya yang sempit menyebabkan banyak jatuhnya korban jiwa.

Sejumlah orang bahkan mengaku pernah mencium bau busuk, melihat penampakan hantu wanita berambut panjang, dan menemui bayangan misterius dengan mata berwarna hijau di dalam Lawang Sewu.

Area penyiksaan di lantai tiga juga dikenal sebagai titik angker di sana, dengan cerita bahwa tentara Jepang seringkali mengeksekusi tawanan di ruangan tersebut, yang menyebabkan kerap terdengarnya jeritan mengerikan di malam hari.

Yogya Plaza Klender

Di urutan terakhir ada Yogya Plaza Klenzer yang sekarang dikenal sebagai Cityplaza Klender, menjadi saksi bisu tragedi kerusuhan Mei 1998. Pada saat itu, sekelompok orang tak dikenal menghasut warga untuk menjarah Yogya Plaza. Namun, mall tersebut dibakar oleh kelompok tersebut dengan pintu terkunci dari luar, menyebabkan 488 korban tewas. 

Sejak kejadian itu, banyak kisah mistis yang beredar, termasuk suara jeritan dan tangisan, aroma daging terbakar dan bau anyir yang tercium, penampakan sosok yang berjalan dengan tubuh melepuh atau tidak lengkap, serta lift yang beraroma darah. Mall ini kemudian diangkat ke layar lebar dalam film berjudul "Mall Klender" (2014) oleh Hitmaker Studio dan Soraya Intercine Films.

Pertanyaan Warganet Seputar Lokasi Syuting Film Horor

Di Mana Tempat Syuting Film Hantu?

Film ini memiliki tiga lokasi syuting utama, yaitu Cidahu, Sukabumi, pulau masih rahasia, lalu ada di hutan kota yang hutan Cibubur.

Di Mana Lokasi Syuting Film Sijjin?

Syuting film yang disutradarai Hadrah Daeng Ratu ini diketahui berlangsung selama 14 hari di daerah Ciloto, Puncak, Jawa Barat.

KKN di Desa Penari 2 Syuting di Mana?

Manoj menuturkan lokasi syuting film yang disutradarai Kimo Stamboel itu akan berlangsung di sebuah daerah di Jawa Timur.

Film Kuyang Lokasinya di Mana?

Film Kuyang mengambil lokasi syuting di kec. Kelapa Kampit Belitung Prov. Bangka Belitung.

Film Siksa Kubur Syuting di Mana?

Lokasi syuting film Siksa Kubur berlokasi di Terowongan Juliana yang terletak di Kampung Cimandala, Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading