Sukses

Fashion

3 Cara Diet Ampuh Cuma Buat Kamu Para Perempuan!

Fimela.com, Jakarta Membicarakan soal diet tentunya bukan hanya menyangkut kaum perempuan. Para lelaki juga sebenarnya ingin memiliki tubuh yang ideal. Meskipun perempuan dan laki-laki juga melakukan diet, ternyata caranya harus dibedakan. Soalnya, hormon perempuan dan laki-laki berbeda. 

Nah, hormon-hormon ini memengaruhi nafsu makan, metabolisme dan penurunan berat badan. Kadang-kadang, perempuan tidak bisa mengontrol nafsu makannya di waktu terntu. Sementara laki-laki bahkan tidak merasa 'tergoyahkan imannya' untuk mencicipi makanan-makanan manis. Karena perbedaan hormon inilah yang membuat diet perempuan berbeda dengan laki-laki. Berikut ini tiga kunci agar kamu para perempuan bisa memiliki tubuh yang ideal. 

Otak perempuan kadang memberikan tanda kalau kamu lapar. Padahal, kamu sebenarnya tidak lapar. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Proceedings of the National Academy of Sciences, perempuan sebenarnya tidak merasa lapar saat melihat atau mencium harumnya masakan, kue, atau pun cokelat. Tapi, ternyata otakmu yang 'menyuruh' seluruh organ pencernaan bereaksi terhadap harumnya kue dan makanan menggiurkan lainnya. Terutama pada saat kamu mengalami premenstrual syndrome (PMS).

Meskipun begitu, kamu tidak perlu menyiksa diri untuk melawan apa yang diperintahkan otakmu terhadap rangsangan makanan tersebut. Kamu hanya perlu memilih makanan yang rendah kalori dan lemak. Misalnya, jika cokelat tidak bisa kamu abaikan, pilih cokelat murni. Atau ganti gorengan menjadi kacang-kacangan untuk menemani waktu bersantaimu. 

Lapar setelah berolahraga. Olahraga apa pun, mulai dari senam lantai, menari, lari, gym, berenang, dan lainnya pasti akan membuatmu sangat lapar. Kebanyakan para perempuan akan mengalami hal ini. Berbeda dengan laki-laki yang cukup hanya minum air mineral dan beristirahat. Hal ini, menurut penelitian yang sama, disebabkan karena tubuh perempuan didesain untuk tetap subur. Sehingga ketika tenagamu terkuras, otakmu memastikan agar tubuhmu tidak kekurangan kalori. 

Kamu tidak perlu menahan lapar hingga merasa hampir pingsan setelah berolahraga. Agar tubuhmu tetap mendapatkan asupan, lebih baik pilih makanan yang tidak membuatmu bikin gemuk. Misalnya sayur dan buah-buahan. Jangan pernah pilih keripik atau bahkan makanan berlemak lainnya setelah berolahraga. 

Jangan takut dengan olahraga mengangkat beban. Untuk mempercepat penurunan berat badan, para perempuan disarankan untuk berolahraga menggunakan beban. Masalahnya, kamu khawatir olahraga ini bakal bikin kamu berotot seperti binaragawan. Padahal, hormon perempuan dan laki-laki berbeda.

 

A video posted by Holly (@hollygetsfit) on

Laki-laki memiliki hormon testosteron yang akan berhubungan dengan massa otot. Hormon inilah yang membuat mereka bisa memiliki otot yang sangat besar. Kamu, kaum hawa, tidak akan pernah memiliki otot sebesar itu karena hormon testosteronmu jauh lebih sedikit dibandingkan dengan laki-laki. Untuk itu, olahraga mengangkat beban sangat bagus untuk perempuan.  

Itu dia tiga cara ampuh menurunkan berat badan buat para perempuan. Ternyata hormon yang kamu miliki berbeda dengan hormon para lelaki. Ini yang membuatmu harus memiliki strategi diet yang berbeda. Mulai sekarang, jangan takut untuk berolahraga mengangkat beban. Pilih makanan yang rendah kalori agar kamu bisa jadi langsing dalam waktu yang singkat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading