Sukses

Fashion

Menurut Dokter, Berikut 7 Fakta Memakai Bra Perempuan Wajib Tahu

Fimela.com, Jakarta Perempuan tentu sudah tidak asing lagi bra, mulai dari masa remaja hingga lansia pasti mengenakannya. Setiap orang tentu memiliki ukuran bra yang berbeda.

Namun banyak mitos yang beredar tentang menggunakan bra, misalnya tidak mengenakannya akan membuat kendur.

Spesialis kesehatan payudara Cassann Blake, MD, membantu menjernihkan beberapa mitos tentang memakai atau tidak memakai bra. 

Melansir cleveandclinic.org berikut ulasannya. 

1. Mengenakan bra tidak meningkatkan risiko kanker payudara

Banyak yang mengatakan jika mengenakan bra dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Padahal, Dr. Blake mengatakan mengenakan bra tidak meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

“Dari sudut pandang kanker payudara, mengenakan bra tidak memengaruhi risiko kanker payudara.  Saya pernah ditanya apakah bra berkawat dapat memengaruhi risiko kanker payudara dan ternyata tidak.  Jadi, memakai bra tidak meningkatkan, juga tidak mengurangi, risiko terkena kanker payudara,” paparnya.

2.  Apakah tidak memakai bra menyebabkan kendur?

Banyak orang berpikir jika tidak memakai bra selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan membuat payudara kendur. Namun, Dr. Blake mengatakan memakai bra tidak mencegah payudara kendur dan tidak memakai bra tidak menyebabkan payudara kendur. 

“Mengenakan bra tidak memengaruhi risiko payudara kendur, atau yang disebut “ptosis payudara.”  Itu juga tidak akan memengaruhi bentuk payudara.  Namun, jika memiliki ukuran cup yang lebih besar, mungkin merasa lebih nyaman mengenakan bra karena dapat membantu meringankan atau mencegah sakit punggung, yang sering kali disebabkan oleh berat payudara. Mengenakan bra olahraga bisa membantu dalam hal ini,” kata Dr. Blake.

3. Kesalahan bra yang harus dihindari

Kita sekarang tahu bahwa memakai bra atau tidak memakai bra tidak memiliki korelasi langsung dengan kanker payudara atau payudara kendur ( Jadi, di mana perempuan sering salah dalam memakai bra?

Menurut Dr. Blake, tidak mengenakan ukuran yang tepat tampaknya menjadi masalah umum.

“Banyak perempuan memakai ukuran bra yang salah. Saat memakai ukuran yang salah, terutama jika mengenakan bra underwire, itu bisa menyakitkan karena kawat tidak berada di lokasi yang tepat. Hal lain adalah bahwa dapat menambah atau menurunkan berat badan dan masih memakai bra favorit mereka. Pada saat itu, bra bukan lagi ukuran cup atau panjang pita yang tepat untuk mereka,” tuturnya.

Dr Blake merekomendasikan memakai bra yang mendukung tingkat aktivitasmu.

4. Bra olahraga

Dr Blake menambahkan bahwa bra olahraga yang baik dapat meminimalkan gerakan payudara. Ketika payudara banyak bergerak, mungkin mengalami nyeri payudara atau punggung.

5. Melindungi payudara

Area payudara salah satu organ tubuh yang sensitif apalagi di bagian puting. Maka fungsi bra bisa melindungi dari gesekan dengan pakaian. Sebab, gesekan tersebut dapat menimbulkan iritasi jika terjadi terus menerus. 

Infeksi juga bisa terjadi karena keringaf berlebih, ragi, atau jamur dapat membuat penggunaan bra menjadi tidak nyaman. 

Hal-hal ini dapat menyebabkan ruam, lecet, retak, perubahan warna dan iritasi secara umum.  Dr. Blake mengatakan banyak dari ini dapat dihindari jika payudara diposisikan dengan benar di bra.

“Perhatikan bagaimana posisi payudara ketika menggunakan bra. Saat mengenakan ukuran cup yang lebih besar, gesekan kulit dapat terjadi di sepanjang lipatan inframammary (area di bawah lipatan payudara).  Jika mengalami gesekan dengan kelembaban, dapat mengembangkan infeksi jamur. Bisa mencegahnya dengan memposisikan payudara di dalam bra agar tidak terjadi hal tersebut,” paparnya.

6. Mengurangi Sakit Leher

Sayangnya, memiliki payudara yang lebih besar dapat menyebabkan ketegangan pada leher dan sakit punggung dan bahu. Maka mengenakan bra yang nyaman dan pas dapat membantu menopang dan meredakan rasa sakit ini.

7. Postur Tulang Belakang Akan Lebih Baik

Manfaat menggunakan bra dapat memperbaiki postur tulang belakang. Mengingat berat payudara dapat menyebabkan ketidaknyamanan, postur juga dapat terpengaruh karena alasan yang sama.

Mengenakan bra sebagai penyangga dapat membantu memiliki postur tubuh yang lebih baik dan mengurangi masalah tulang belakang.

#elevate women

What's On Fimela
Loading