Sukses

Food

Tanpa Tanah Liat atau Asam Jawa, Begini Cara Efektif Merebus Daun Pepaya Anti Pahit

Fimela.com, Jakarta Daun pepaya merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Daun ini sering digunakan dalam masakan tradisional, namun beberapa orang mungkin merasa tidak suka dengan rasa pahit yang kadang melekat pada daun pepaya. 

Rasa pahit dari daun pepaya dapat diatasi dengan cara memasaknya yang tepat. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya. Biasanya tanah liat dan asam jawa banyak digunakan. Namun, terdapat satu bahan efektif yang mampu membuat daun pepaya tidak pahit lagi, yaitu daun senggani. 

Berikut cara merebus daun pepaya anti pahit dengan gunakan daun senggani seperti yang dirangkum dari YouTube Lindacookvloger pada Jumat (01/12/2023)

Langkah Pertama

Pertama-tama, siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Alat dan bahan yang akan dibutuhkan dalam proses merebus daun pepaya ini antara lain terdapat daun pepaya, daun senggani, garam, penyedap rasa, air, dan panci. 

Langkah Kedua

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, panaskan air di panci hingga mendidih. Tambahkan juga penyedap rasa dan garam secukupnya. Kedua bahan tersebut bisa membuat daun pepaya terasa lebih gurih. Selanjutnya, masukkan daun senggani.

Langkah Ketiga

Tunggu daun senggani yang telah dimasukkan ke dalam air mendidih. Setelah air rebusan daun senggani telah mendidih, masukkan daun pepaya. Selain daun pepaya, bunga pepaya juga dapat dimasukkan ke dalam rebusan tersebut apabila tersedia. Daun senggani juga mampu menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya. 

Langkah Keempat

Daun pepaya direbus hingga daunnya menjadi empuk. Setelah daun pepaya dirasa sudah empuk, angkat dan tiriskan daun pepaya. Pisahkan daun pepaya dari daun senggani. Peras daun pepaya hingga getahnya keluar.

Langkah Kelima

Langkah terakhir setelah getah daun pepaya sudah keluar, bilas daun pepaya yang telah bersih dari getahnya. Daun pepaya sudah dapat diolah atau dikonsumsi setelah dibilas. Bahkan hanya dengan dioseng rasa daun pepaya sudah sangat lezat.

Merebus Daun Pepaya Agar Tidak Pahit Pakai Apa?

Cara agar daun pepaya tidak pahit yakni merebusnya bersama daun singkong muda. Rebus hingga kedua sayur matang dan empuk. Tambahkan soda kue sedikit saja di dalam air rebusan sayur agar keduanya tetap hijau dan segar.

Apakah Daun Jambu Bisa Menghilangkan Rasa Pahit Pada Daun Pepaya?

Daun jambu biji dikenal mampu mengobati gangguan pencernaan seperti diare. Selain untuk mengonati masalah pencernaan,  ternyata daun ini memiliki fungsi untuk menetralisir rasa pahit pada daun pepaya.

Berapa Lama Merebus Daun Pepaya Supaya Tidak Pahit?

Setelah direndam dalam air garam, daun pepaya direbus dalam air mendidih selama sekitar 5-10 menit. Ketika daun direbus, proses merebus tersebut akan membantu mengurangi sisa rasa pahit yang masih ada.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading