Sukses

Food

Cara Bikin Adonan Tepung untuk Jamur Tiram Krispi, Awet Renyah hingga 3 Hari

Fimela.com, Jakarta Bagi penggemar gorengan dan makanan renyah, jamur tiram goreng krispi tampaknya menjadi favorit. Tak hanya sebagai camilan, olahan jamur ini juga cocok disajikan bersama nasi atau sebagai pengganti kerupuk. 

Meskipun diminati oleh banyak orang, masih ada yang kesulitan dalam membuat jamur krispi yang tetap renyah dalam waktu yang lama. Kerap kali, kerenyahan jamur hanya bertahan beberapa saat setelah digoreng. 

Untuk mengatasi hal ini, akun YouTube dengan nama KELUARGA HAMZAH membagikan tips tentang cara membuat adonan tepung agar jamur krispi bisa tetap renyah hingga 3 hari ke depan. Berikut tips cara melakukannya, dirangkum Rabu (28/2/2024).

1. Siapkan Jamur Tiram yang Akan Diolah

Pertama-tama, memotong jamur tiram secara memanjang menjadi irisan tipis. Lalu, bersihkan jamur tersebut dengan mencucinya di air mengalir. Selanjutnya rendam jamur dalam 500 ml air hangat dan biarkan selama 5 menit. Lanjut tiriskan dan peras jamur hingga tidak mengandung air lagi. Trik ini penting untuk menghasilkan jamur yang renyah dan awet.

2. Buat Adonan Tepung Kering

Campur tepung terigu protein tinggi sebanyak 250 gram dengan 4 sendok makan tepung maizena, 1/2 sendok makan bubuk kaldu ayam, 1 sendok teh garam, 1/2 sendok teh bubuk merica, dan 1 sendok teh bubuk bawang putih. Sertakan juga 1/2 sendok teh soda kue agar hasil jamur menjadi krispi dan tahan lama. Setelah itu, campurkan semua bahan hingga merata.

Bagi adonan tepung kering menjadi dua bagian dan letakkan masing-masing di wadah yang berbeda. Dengan cara ini, proses pembuatan tepung menjadi lebih mudah dan menghindari agar jamur tidak menempel satu sama lain.

3. Buat Adonan Tepung Basah

Sediakan wadah khusus untuk mencampur bahan basah. Kemudian, ambil 6 sendok makan adonan tepung kering, lalu campurkan dengan 200 ml air bersih. Rasio antara tepung dan air harus seimbang untuk menghasilkan konsistensi adonan yang sesuai.

4. Teknik Membaluri Jamur dengan Adonan

Celupkan jamur dengan campuran basah, lalu balurkan masing-masing jamur ke dalam tepung kering. Selanjutnya, tutupi dengan lapisan tepung kering dari wadah yang berbeda. Untuk memastikan jamur terbalut rata dengan tepung, goyangkan wadah tepung secara perlahan.

5. Goreng di Minyak Panas

Proses terakhir adalah menggoreng jamur di minyak yang telah dipanaskan secara merata. Sambil terus diaduk, ketika warna jamur mulai berubah, kurangi intensitas api. Lanjutkan proses penggorengan hingga jamur berubah menjadi coklat keemasan dan tidak ada tanda-tanda buih atau percikan minyak.

Apa yang Dimaksud Jamur Crispy?

Jamur Krispi adalah olahan pangan yang dapat dijadikan sebagai hidangan makan ataupun camilan yang terbuat dari bahan dasar jamur tiram yang diolah dengan tepung bumbu dan telur dengan proses penggorengan dan memiliki tekstur yang krispi.

Berapa Kalori dalam Jamur Crispy?

Dalam setiap 250 gram jamur krispi memiliki kalori sebesar 100 kkal.

Apakah Jamur Crispy Boleh Dipanaskan?

Ahli gizi Brigitte Zeitlin berkata, jamur merupakan salah satu jenis sayur yang tidak boleh dipanaskan lagi. "Jamur bisa mengakibatkan masalah pada perut saat dipanaskan karena kandungan mikronutrien di dalamnya.

Apakah Jamur Bagus untuk Diet?

Jamur bahkan cocok diolah menjadi menu diet berkat kalorinya yang rendah. Tak hanya itu, penelitian mengungkapkan bahwa manfaat jamur untuk kesehatan cukup beragam. Hal ini karena jamur diketahui kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Apakah Jamur Aman Dikonsumsi Setiap Hari?

Banyak juga orang yang menggunakan jamur sebagai obat. Untuk itulah mengapa mengonsumsi jamur setiap hari sangat dianjurkan oleh banyak pakar kesehatan. Jamur dikenal sebagai makanan kaya nutrisi, yang baik untuk tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading