Sukses

Food

Tanpa Ditambah Bahan Lain, Begini Cara Bikin Bawang Putih Goreng Renyah dan Lezat

Fimela.com, Jakarta Bawang goreng umumnya terbuat dari bawang merah, meskipun bawang putih juga dapat dijadikan bawang goreng yang renyah dan lezat. Tidak hanya sebagai pelengkap atau penyedap, bawang putih goreng juga meningkatkan aroma hidangan.

Namun, menggoreng bawang putih tidaklah mudah karena bawang putih cenderung cepat matang saat digoreng. Hal ini seringkali membuat orang kesulitan mengatur waktu sehingga bawang goreng bisa terlalu gosong dan pahit.

Jika bawang goreng sudah terlalu gosong, teksturnya pun tidak lagi renyah dan rasanya tidak sedap saat dimakan. Banyak yang biasanya merendam bawang putih dalam campuran garam dan cuka untuk mengatasi hal ini. Namun, ternyata ada trik lain yang lebih praktis, seperti yang diungkapkan oleh warganet TikTok @kaka_cheryl.

Jadi, metode apa yang digunakan? Simak ulasannya pada rangkuman berikut ini, yang akan diunggah pada Rabu (24/04/2024).

Rendam Bawang Putih di Air Panas

Mulai dengan memotong sekitar 5-10 siung bawang putih ke dalam wadah. Persiapkan air panas, namun pastikan tidak sampai mendidih. Selanjutnya, tuangkan air panas ke dalam wadah untuk merendam bawang putih selama sekitar 10 menit.

Goreng Bawang Putih

Panasakan minyak di dalam wajan dengan api sedang, kemudian masukkan bawang putih yang telah ditiriskan dari air panas ke dalam wajan. Bawang putih yang direndam air panas akan menjadi lebih renyah setelah digoreng.

Aduk Bawang Putih

Ketika sedang menggoreng, jangan lupa untuk memutar-mutar bawang putih menggunakan spatula atau sodet. Hal ini bertujuan agar bawang putih tidak menempel di wajan, sehingga saat sudah matang tidak akan terlalu lembut.

Bawang Putih Goreng Sangat Renyah dan Lezat

Setelah bawang putih digoreng hingga berubah warna menjadi agak kekuningan, matikan kompor untuk mengangkat dan meniriskan bawang.

Bawang goreng yang renyah dan tidak pahit sudah siap untuk disantap. Warna dan bentuknya terlihat sangat cantik.

Bolehkah Makan Bawang Putih Goreng?

Salah satu bumbu dan ramuan herbal yang sudah lama dikenal adalah bawang putih, yang memegang peranan penting dalam masakan. Ada beragam metode untuk memasak bawang putih, salah satunya dengan cara digoreng.

Apa Manfaat Makan Bawang Goreng?

Allicin, senyawa yang terkandung dalam bawang, terbukti efektif dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL). Kandungan nutrisi dan senyawa dalam bawang tetap utuh meskipun bawang tersebut dipanaskan atau digoreng. Dengan mengonsumsi bawang goreng dalam jumlah cukup, kadar kolesterol dalam tubuh dapat terkontrol.

Apa Efek Makan Bawang Goreng Terlalu Banyak?

Jika mengonsumsi berlebihan bawang merah atau bawang goreng, dapat menyebabkan akumulasi fruktan di dalam tubuh, yang mungkin mengakibatkan kembung dan nyeri perut. Meskipun tidak semua orang merasakan efek ini, ada beberapa yang lebih rentan.

Apakah Bawang Putih Goreng Bisa Menurunkan Berat Badan?

Manfaat mengonsumsi bawang putih goreng dalam diet atau untuk penurunan berat badan mirip dengan bawang mentah. Bawang putih secara alami dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita. Dengan metabolisme yang lebih cepat, kalori dapat terbakar lebih efisien, membantu mengurangi penimbunan lemak.

Bawang Goreng Mengandung Apa Saja?

Bawang goreng mengandung allicin dan quercetin, senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat nutrisi ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi bawang goreng secara teratur sebagai bagian dari makanan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading