Sukses

Food

Tak Perlu Dikukus Lama, Begini Teknik Masak Beras Ketan Agar Matang Sempurna

Fimela.com, Jakarta Banyak kudapan lezat yang dapat dihasilkan dari beras ketan, seperti lemper, lupis, mango sticky rice, dan masih banyak lagi varian lainnya. Karena teksturnya yang lengket dan berbeda dari beras biasa, seringkali beras ketan perlu diukus dalam waktu yang lama.

Namun, menurut salah satu perngguna Instagram @brianardianto di Instagram, teknik sederhana dapat menghasilkan tekstur yang lembut tanpa perlu proses pengukusan yang berkepanjangan. Dirangkum pada Rabu (8/5/2024), berikut ini penjelasan lebih lanjutnya.

Bahan-bahan

Berikut daftar bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 350 gr beras ketan
  • 500 ml santan
  • 1 sdt garam

1. Rendam Beras Ketan

Step pertama, rendam beras ketan selama 30 menit hingga 2 jam. Penting untuk tidak melebihi durasi dua jam agar butiran beras tidak rusak. Setelah direndam, cuci beras ketan dengan air mengalir sebanyak 1-2 kali.

2. Kukus Beras Ketan hingga Setengah Matang

Step kedua, beras ketan yang sudah dicuci dimasukkan ke dalam panci kukus. Tambahkan juga beberapa helai daun pandan di atasnya untuk memberikan aroma ketan yang lebih harum. Kemudian, kukus sampai ketan setengah matang, sekitar 15-20 menit.

3. Tambahkan Garam dan Santan

Pada step ketiga, angkat dan pindahkan beras ketan setengah matang tersebut ke dalam mangkuk atau wadah yang tersedia. Ketika masih dalam keadaan panas, tambahkan 1 sendok teh garam (atau sesuai dengan preferensi) dan 500 ml santan, kemudian aduk hingga merata. Biarkan sebentar agar santannya meresap ke dalam beras ketan.

4. Kukus Kembali Hingga Matang

Step terakhir, kukus ketan sekali lagi hingga matang dalam rentang waktu sekitar 20-30 menit. Penting untuk melapisi panci dengan daun pisang sebelum menaruh ketan di dalamnya.

Setelah sesuai durasi pengukusan, nasi ketan yang lembut dan matang sempurna dapat disajikan. Bisa dikonsumsi langsung maupun diberi tambahan toping, seperti mangga, vla, parutan kelapa, dan sejenisnya.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Memasak Beras Ketan

Kenapa Beras Ketan Harus Dikukus?

Perendaman berkontribusi pada proses gelatinisasi yang akan datang. Proses pengukusan membantu dalam mengolah beras ketan menjadi nasi ketan yang matang, memusnahkan mikroba berbahaya, serta mencapai konsistensi yang lembut.

Apa yang Menyebabkan Ketan yang Sudah Dimasak Menjadi Lembek?

Kelebihan air dalam proses pembuatan ketan bisa membuat ketan menjadi terlalu lembek.

Berapa Lama Ketan Basi?

Jika diperhatikan dengan seksama, ketan dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Ketan yang disimpan di dalam kulkas mampu mempertahankan kesegarannya selama 4 hingga 5 hari.

Apa yang Membuat Beras Ketan Lengket?

Berdasarkan studi yang disebutkan oleh Alawiati (2003), beras ketan memiliki kadar amilosa yang rendah, sehingga ketika dimasak, beras tersebut cenderung menghasilkan tekstur yang sangat lengket dan lembab. Di sisi lain, beras ketan memiliki kandungan amilopektin yang tinggi, yang membuat teksturnya menjadi lengket atau pulen saat dimasak.

Kenapa Tepung Ketan Tidak Boleh Dimasak Terlalu Lama?

Ketika mengolah kue menggunakan tepung ketan, penting untuk memperhatikan dengan cermat selama proses memasaknya. Hal ini bertujuan agar kue tidak pecah atau mengalami perubahan bentuk karena ketan yang cenderung cepat matang, seperti yang terjadi pada pembuatan klepon.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading