Sukses

Food

Pulen dan Matang Merata, Begini Cara Masak Beras Ketan Lebih Hemat Gas

Fimela.com, Jakarta Tak hanya lezat dimakan langsung ketika sudah matang, ketan juga sering diolah menjadi berbagai jenis jajanan dengan beragam topping, seperti lupis, lemper, tape, dan lainnya.

Teksturnya yang legit dan lengket membuatnya kadang sulit menjadi pulen. Banyak orang akhirnya memilih mengukus beras ketan dalam waktu lama. Cara ini mungkin berhasil, tetapi sangat boros gas.

Pengguna TikTok dengan username @ranazakiyyahm membagikan tips memasak beras ketan agar hasilnya pulen dan matang sempurna menggunakan rice cooker. Berikut caranya yang dirangkum pada Rabu (22/5/2024).

Bahan-bahan

Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

  • 250 gram beras ketan
  • 400 ml santan
  • 1 sdt garam atau sesuai selera

Cuci Beras Ketan

Step pertama, bilas beras ketan di bawah air mengalir. Beras ketan hanya perlu dibersihkan dengan baik tanpa harus direndam terlebih dahulu sebelum dimasak.

Campur Semua Bahan

Step kedua, gabungkan beras ketan yang telah dicuci dengan santan dan garam. Aduk perlahan agar garam larut sepenuhnya.

Masak Sampai Mendidih

Step ketiga, masaklah campuran beras ketan dan santan dalam magic com hingga mendidih.

Lanjutkan Proses Memasak

Step keempat, setelah campuran beras ketan mendidih, aduk sejenak. Lalu, tekan lagi tombol magic com untuk memasak kembali dalam mode cook.

Aduk dan Masak Hingga Pulen

Step terakhir, aduklah ketan yang telah matang. Setelah itu, masak lagi sampai benar-benar matang. Jangan lupa untuk menekan tombol cook pada magic com. Jika magic com berubah ke mode warm, ketan sudah siap dihidangkan.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Ketan

Apa yang Membuat Beras Ketan Lengket?

Beras ketan merupakan jenis beras yang memiliki kandungan amilopektin tinggi. Akibatnya, saat dimasak, nasi ini akan menghasilkan tekstur yang lengket.

Apa yang Menyebabkan Ketan yang Sudah Dimasak Menjadi Lembek?

Jika terlalu banyak air digunakan saat memasak ketan, maka teksturnya akan menjadi lebih lembek.

Mengapa Beras Ketan Harus Dicuci Bersih?

Umumnya, beras dibilas dengan air untuk membersihkan debu, serangga, kerikil, dan sisa-sisa kulit yang tertinggal dari proses penggilingan beras secara tradisional.

Berapa Lama Beras Ketan Bisa Bertahan?

Berdasarkan informasi yang dilaporkan oleh Tasting Table pada tanggal 19 Maret, ketan dapat disimpan di dalam kulkas jika masih tersedia dalam jumlah yang mencukupi. Dengan cara penyimpanan yang benar, ketan dapat tetap segar untuk periode waktu yang cukup lama. Ketan yang disimpan di dalam kulkas bisa tetap segar selama 4-5 hari. Apabila dibiarkan terbuka, ketan akan mengering dengan cepat.

Kenapa Tepung Ketan Tidak Boleh Dimasak Terlalu Lama?

Dalam proses pembuatan kue dari tepung ketan, hal yang krusial ialah memperhatikan waktu memasaknya agar tidak berlangsung terlalu lama. Hal ini bertujuan untuk menghindari potensi kerusakan kue seperti retak atau perubahan bentuk akibat sifat ketan yang cepat matang, seperti yang terjadi pada pembuatan klepon.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading