Sukses

Food

Cara Mudah Cabut Kulit Lumpia yang Terlalu Rekat Biar Tidak Robek

Fimela.com, Jakarta Selain digunakan sebagai bahan utama untuk lumpia, kulit lumpia juga bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai hidangan enak lainnya seperti martabak atau stik roll.

Camilan yang dibuat dengan kulit lumpia biasanya lebih tipis dan renyah dibandingkan dengan camilan yang menggunakan kulit pangsit.

Selain itu, membuat olahan dari kulit lumpia jauh lebih praktis karena kulit lumpia mudah didapat dengan harga yang terjangkau dan dalam jumlah yang banyak. Selain itu, kulit lumpia bisa bertahan hingga dua puluh hari jika disimpan di dalam kulkas.

Namun, sering kali ada masalah yang muncul. Kulit lumpia yang baru dikeluarkan dari kulkas biasanya lengket dan sulit dipisahkan, sehingga mudah sobek atau rusak.

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Pemilik kanal YouTube Jempol Food membagikan cara mudah untuk memisahkan kulit lumpia, yang dirangkum pada Kamis (23/05/2024) berikut ini.

Diamkan Selama 1 Jam

Setelah disimpan seharian di dalam kulkas, kulit lumpia biasanya menjadi keras dan lengket. Oleh karena itu, setelah dikeluarkan dari kulkas, biarkan kulit lumpia pada suhu ruang selama satu jam sebelum digunakan.

Gosok Kulit Lumpia

Setelah satu jam berlalu, keluarkan kulit lumpia dengan teliti agar tidak robek. Pastikan tangan dalam keadaan bersih ketika melakukannya.

Untuk membuatnya lebih lemas, gosok perlahan ujung-ujung kulit lumpia dengan gerakan seperti mencuci baju.

Cari Sela-sela Kulit Lumpia

Apabila seluruh tepi sudah digosok, maka tekstur kulit lumpia akan menjadi lebih longgar. Selanjutnya, temukan bagian kulit lumpia yang telah terbuka untuk dicabut.

Gunakan tangan kiri untuk menekan bagian bawah kulit lumpia, kemudian pisahkan kulit lumpia dengan tangan kanan.

Pisahkan Kulit Lumpia Satu per Satu

Lepaskan lapisan lumpia dengan hati-hati pada bagian yang sudah terbuka sampai seluruhnya terlepas. Ulangi langkah ini hingga semua lapisan lumpia terpisah dengan sempurna.

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Kulit Lumpia

Apa Itu Kulit Lumpia?

Kulit lumpia dibuat dari adonan tepung gandum yang diolah sampai tipis mirip lembaran. Selain digunakan sebagai pembungkus untuk lumpia, kulit ini juga bisa digunakan untuk membungkus berbagai produk lain seperti wonton dan pangsit.

Bolehkah Kulit Lumpia Diimpan di Kulkas?

Masukkan semua kulit lumpia yang sudah dibungkus dengan tisu ke dalam kantong plastik. Kemudian, letakkan kantong plastik tersebut di dalam chiller atau bagian bawah lemari es. Dengan cara ini, kulit lumpia dapat bertahan hingga 10-15 hari dan tetap mudah diambil saat diperlukan.

Berapa Harga Kulit Lumpia Isi 50?

Di berbagai platform E-commerce, kulit lumpia tersedia dengan harga sekitar 9-12 ribu rupiah, bergantung pada merek dan kualitasnya.

Kulit Lumpia dan Kulit Risol Apakah Sama?

Komposisi bahan kulit lumpia terdiri dari air, tepung, putih telur, minyak, dan garam. Sementara itu, kulit risoles dibuat dengan mencampur telur, susu, dan margarin. Karena menggunakan susu, tekstur kulit risoles menjadi lebih elastis, sedangkan kulit lumpia cenderung lebih tipis dan mudah hancur.

Jamur pada Kulit Lumpia Apakah Aman?

Keberadaan jamur pada kulit lumpia menunjukkan bahwa makanan tersebut mungkin sudah tidak layak dikonsumsi karena dapat menyebabkan risiko keracunan makanan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading