Sukses

Health

Cara Mengatasi Kurang Tidur Setelah Melahirkan, Penting Bagi Ibu Baru

Fimela.com, Jakarta Menjalani peran sebagai ibu baru bukanlah perkara yang mudah. Mom penting belajar banyak hal mengenai tata cara merawat dan memberikan yang terbaik buat buah hati. Mom juga penting menjaga kesehatan semaksimal mungkin karena momen setelah melahirkan bisa sangat menguras tenaga dan pikiran. 

Tidak sedikit ibu baru yang kurang tidur setelah melahirkan. Karena kurang tidur ini, beberapa Mom bahkan rentan terhadap kelelahan berat, stres bahkan depresi. 

Agar tubuh tetap fit, perasaan bahagia dan hari-hari terasa makin menyenangkan dengan hadirnya buah hati, penting bagi Mom untuk memiliki tidur cukup setiap harinya setelah melahirkan. Bagaimana cara agar tidur setelah melahirkan?

Cara Tidur Cukup Setelah Melahirkan

  1. Cobalah untuk ikut tidur saat bayi tertidur. Ini akan membantumu memiliki tidur cukup setiap harinya. 
  2. Lakukan manajemen ASI yang terjadwal. Berikan ASI di waktu yang terjadwal dan baik setiap harinya. Semakin terjadwal pemberian ASI ke bayi, ini akan semakin memudahkan Mom melakukan aktivitas lainnya termasuk tidur. 
  3. Pahami pola tidur bayi dan pastikan agar bayi tidur lebih nyaman. Saat tidur bayi nyaman dan lelap, ini memberi waktu Mom untuk istirahat lebih tenang serta nyaman. 
  4. Cobalah untuk selalu tenang dan rileks. Bila perlu lakukan aktivitas yang bisa menyegarkan pikiran semisal mendengarkan musik atau latihan relaksasi. 
  5. Pastikan untuk berbagi tugas dengan suami atau orang lain yang ada di rumah. Berbagi tugas akan lebih meringankan tugas Mom dan menurunkan risiko kelelahan setelah melahirkan. 
  6. Jangan ragu untuk meminta bantuan kerabat, orangtua atau mertua serta tetangga jika memang tak bisa melakukan sesuatu sendiri. Usahakan agar orang-orang di sekitarmu juga mendukung dan mengerti dirimu dengan sebaik mungkin. 
  7. Waspadai tanda-tanda stres hingga depresi. Jika merasa ada tanda-tanda ini, jangan segan untuk berkonsultasi dengan ahlinya atau cari dukungan yang bisa membuatmu merasa lebih tenang serta nyaman. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kurang tidur setelah melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading