Sukses

Health

5 Penyebab Suhu Tubuh Rendah dan Faktor Risiko yang Perlu Kamu Hindari

Fimela.com, Jakarta Suhu tubuh normal seseorang rata-rata adalah 37°C, jika suhu tubuh di bawah 35°C dianggap sangat rendah dan dikenal sebagai hipotermia. Hipotermia sendiri merupakan salah satu kondisi medis ketika tubuh kehilangan panas lebih cepat daripada yang dapat menghasilkan panas dan membuat suhu tubuh menjadi lebih rendah.

Saat suhu tubuh turun, jantung, sistem saraf, dan beberapa organ lainnya tidak dapat bekerja secara normal. Ketika seseorang mengalami hipotermia maka dapat menyebabkan kegagalan total pada jantung dan sistem pernapasan yang mengakibatkan kematian.

Ternyata suhu tubuh rendah pada seseorang atau hipotermia dapat disebabkan oleh paparan cuaca dingin atau perendaman dalam air dingin. Karena hal ini dapat menandakan kondisi medis yang serius, berikut beberapa penyebab suhu tubuh rendah pada seseorang yang mungkin terjadi:

 

1. Paparan Dingin

Suhu tubuh terkadang mencerminkan keseimbangan antara panas yang dihasilkan oleh tubuh dan seberapa banyak yang hilang. Paparan yang terlalu lama ke lingkungan yang dingin biasanya dapat berpotensi menyebabkan hipotermia karena kehilangan panas yang berlebihan. Berikut beberapa cara untuk mengatasi suhu tubuh rendah jika disebabkan oleh paparan yang dingin:

  • Melepaskan semua pakaian basah.
  • Minum air hangat.
  • Menggunakan baju hangat, atau kenakan selimut.

2. Kondisi Hormonal

Hormon mengatus banyak fungsi pada tubuh, termasuk pemeliharaan suhu tubuh. Akan tetapi jika kamu memiliki salah satu dari gangguan hormonal seperti di bawah ini, maka dapat membuat suhu tubuh menjadi turun atau sangat dingin.

  • Hipotiroidisme.
  • Gangguan Endokrin.

3. Gangguan Sistem Saraf

Area otak disebut sebagai hipotalamus yang berfungsi sebagai temoat utama untuk mengatur suhu tubuh. Gangguan sistem saraf biasanya dapat mengganggu pengaturan suhu atau merespons terhadap sumber dingin eksternal, yang dapat menyebabkan suhu tubuh rendah.

4. Infeksi atau Penyakit

Ketika sedang sakit biasanya kita akan merasakan suhu tubuh rendah atau bahkan sangat panas, ternyata ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan infeksi serius dan membuat suhu tubuh rendah seperti pneumonia, terutama jika terjadi oleh beberapa orang yang lebih tua dan seseorang yang memiliki sistem kekebalan lemah.

5. Penyebab Lainnya

Penurunan atau suhu tubuh di bawah normal merupakan salah satu efek samping dari obat-obatan tertentu yang mungkin kamu konsumsi. Beberapa jenis obat yang digunakan untuk mengobati depresi gangguan bipolar, dan bebera[a lainnya juga dapat membuat seseorang mengalami suhu tubuh rendah.

Faktor Risiko Suhu Tubuh Rendah

Ada beberapa faktor risiko dari suhu tubuh rendah yang mungkin terjadi oleh beberapa orang, seperti di bawah ini:

  • Kelelahan : Ketika seseorang mengalami kelelahan karena bekerja, sekolah, atau kegiatan lainnya biasanya akan menyebabkan suhu tubuh menjadi rendah.
  • Usia : Kemampuan tubuh untuk mengatur suhu tubuh dan merasakan dingin ternyata dapat berkurang seiring bertambahnya usia.
  • Masalah Mental : Seseorang yang memiliki penyakit mental, demensia, atau kondisi lainnya biasanya dapat mengalami suhu tubuh yang rendah.
  • Alkohol : Alkohol ternyata daoat membuat tubuh merasakan hangatm akan tetapi ternyata alkohol juga dapat membuat pembuluh darah melebar dan mengakibatkan hilangnya panas lebih cepat.

Memantau suhu tubuh sebenarnya sangatlah penting, terlebih kita dapat mengetahui dan memastikan batasan normal suhu tubuh kita. Akan tetapi, kamu juga perlu pergi ke dokter ketika suhu tubuh secara teratur berkurang terutama jika kamu merasakan gejala lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading