Sukses

Health

Studi: Sering Melewatkan Sarapan Pagi Bisa Menyebabkan Kenaikan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Sarapan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan setiap harinya. Walau hanya dengan sebutir telur atau sepotong roti, pastikan untuk selalu sarapan ya Sahabat Fimela. Kenapa harus sarapan? 

Melansir dari laman healthline.com, sarapan memberikan kita energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan sarapan, itu juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ketika kita mengabaikan atau melewatkan sarapan, ini bisa berdampak buruk. Salah satu dampak yang begitu ditakuti adalah naiknya berat badan. Ya, penelitian menemukan jika melewatkan sarapan bisa membuat kenaikan berat badan secara drastis. 

Bagaimana Bisa Melewatkan Sarapan Menaikkan Berat Badan?

Penelitian menemukan jika seseorang yang melewatkan sarapan akan cenderung kelaparan di siang hari bahkan hingga malam hari. Ketika kita melewatkan sarapan, perut akan cenderung merasa lapar secara terus menerus. Jika sudah begini kita pun akan terus makan untuk mengatasi lapar. Inilah yang kemudian membuat kita lebih mudah mengalami kenaikan berat badan.

Melewatkan sarapan juga akan membuat otak mengalami penurunan fungsinya. Saat fungsi otak menurun, yang ada kita akan merasa mudah stres dan kelelahan. Beberapa orang yang sedang stres dan kelelahan berpotensi mengalami peningkatan nafsu makan. Jika hal ini terus terjadi, berat badan bisa bertambah secara drastis setiap harinya.

Dampak Buruk Lain Sering Melewatkan Sarapan

Beberapa studi menemukan jika sering melewatkan sarapan memiliki dampak buruk buat tubuh selain menaikkan berat badan. Dampak buruk tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Menurunnya sistem kekebalan tubuh
  2. Meningkatnya kortisol yang memicu stres, penurunan konsentrasi dan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh.
  3. Meningkatkan risiko sakit kepala termasuk migrain dan vertigo.
  4. Risiko penyakit jantung meningkat. 
  5. Risiko bau mulut dan masalah kesehatan mulut terutama gigi.
  6. Energi tubuh menurun.

Itulah beberapa dampak buruk dari melewatkan sarapan selain menaikkan berat badan. Semoga informasi ini bermanfaat. Usahakan untuk tidak pernah melewatkan sarapan ya Sahabat Fimela.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading