Sukses

Health

5 Penyebab Anyang-Anyangan yang Kerap Terjadi Pada Perempuan

Fimela.com, Jakarta Tahu arti anyang-anyangan? Anyang-anyangan atau nyeri sata buang air kecil merupakan salah masalah yang jerap sekali dikeluhkan oleh banyak perempuan. Tentu anyang-anyang membuat banyak perempuan tidak nyaman, dimana ia akan terus menerus buang air kecil dalam waktu sesering mungkin.

Menurut istilah medis hal satu ini dinamakan sebagai “dysuria” selain itu hal ini lebih sering terjadi pada banyak perempuan. Tetapi, meskipun membuat banyak orang khawatir anyang-anyangan dapat sembuh selama 1 hingga 3 hari lamanya.

Ada banyak penyebab yang membuat seseorang mengalami anyang-anyangan. Selain itu hal ini seringkali disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Berikut beberapa penyebab seseorang mengalami anyang-anyangan yang kerap terjadi:

1. Infeksi Saluran Kemih

Salah satu penyebab utama dari anyang-anyangan yang mungkin dialami oleh banyak orang adalah infeksi saluran kemih, selain itu hal ini dapat terjadi ketika bakteri berlebih yang menumpuk pada saluran kemih. Salah satu hal yang dapat memperburuk infeksi saluran kemih adalah menahan buang air kecil terlalu sering. Selain itu ada beberapa gejala dari infeksi saluran kemih yang perlu kamu tahu:

  • Sering buang air kecil.
  • Urine yang keruh.
  • Demam.

2. Infeksi Menular Seksual

Ada banyak penyebab yang dapat mempengaruhi saluran kemih dan membuat seseorang mengalami anyang-anyangan yaitu infeksi menular seksual, seperti klamidia, gonore, dan herpes. Gejala dari infeksi menular seksual ini tidak hanya anyang-anyangan, tetapi beberapa gejala lainnya yang bervariasi.

3. Infeksi Prostat

Infeksi bakteri pada jangka pendek ternyata dapat menyebabkan infeksi prostat maupun prostatitis, selain itu peradangan pada kondisi ini dapat menyebabkan penyakit menular seperti infeksi menular seksual. Berikut beberapa gejala yang dapat menimbulkan protatis:

  • Kesulitan buang air kecil atau mengalami anyang-anyangan.
  • Nyeri pada kandung kemih.
  • Sering buang air kecil, di malam hari.

4. Batu Ginjal

Ternyata batu ginjal juga dapat menyebabkan anyang-anyangan pada seseorang, selain itu batu ginjal yang dialami dapat mengumpukan banyak bahan seperti kalsium maupun urat sehingga dapat terjadinya penumpukan serta membentuk batu dalam sekitaran ginjal.

5. Kista Ovarium

Kista ovarium dapat membuat luaran kandung kemih serta menekan dan menyebabkan nyeri saat buang air kecil, selain itu hal ini dapat berkembang di satu maupun keuda ovarium sendiri. Ada beberapa hal yang dapat kamu alami ketika menderita kista ovarium:

  • Anyang-anyangan.
  • Pendarahan pada vagina.
  • Haid yang menyakitkan.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami anyang-anyangan dan rasa yang tidak nyaman, hal ini tentu dapat membuat banyak orang khawatir tetapi ada baiknya jika kamu periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading