Sukses

Health

7 Cara Merawat Telinga yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Telinga adalah salah satu bagian tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Telinga memiliki fungsi sebagai indera pendengar dan untuk keseimbangan tubuh. Telinga yang tidak pernah dirawat akan mengalami penyakit tertentu, yang mengganggu sistem kerja tubuh.

Sakit telinga bisa disebabkan karena infeksi telinga, atau ada sesuatu yang memasuki lubang telinga. Sakit yang terjadi pada salah satu bagian telinga, bisa menyebabkan pendengaran terganggu. Selain itu bisa mengganggu keseimbangan tubuh manusia.

Beberapa penyakit telinga memiliki gejala migrain, benjolan pada telinga, atau telinga mengeluarkan cairan. Untuk itu, rawatlah telinga dengan benar agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Berikut cara merawat telinga yang wajib diketahui dan dilakukan:

Cara Merawat Telinga

1. Jangan Mendengarkan Musik Terlalu Keras

Apakah Sahabat Fimela senang mendengarkan musik menggunakan earphone? Sebaiknya, jangan mendengarkan musik terlalu keras saat memakai earphone. Lebih baik dengarkan musik menggunakan earphone dengan volume 60% dan tidak lebih dari sejam dalam sehari.

2. Istirahatkan Telinga

Tak hanya tubuh dan pikiran saja yang perlu istirahat. Ada baiknya mengistirahatkan telinga selama beberapa jam dari kebisingan dan suara yang keras. Waktu yang tepat untuk mengistirahatkan telinga adalah pada saat tidur. Jadi, usahakan jangan mendengarkan musik yang keras dan bising pada saat tidur, serta jangan gunakan earphone saat tidur.

3. Jangan Mengorek Telinga

Saat telinga sedang gatal atau terdapat kotoran, jangan pernah mengorek telinga menggunakan tangan, cotton bud atau benda tajam maupun tumpul lainnya. Hal ini justru akan membuat telinga infeksi. Telinga akan membersihkan kotoran tersebut secara alami. Namun, jika kotoran ini sangat mengganggu pendengaran, sebaiknya segera pergi periksa ke THT.

Cara Merawat Telinga yang Selanjutnya

4. Jaga Telinga Tetap Kering

Cara merawat telinga yang selanjutnya adalah dengan menjaga telinga tetap kering. Telinga yang terlalu lembap dan basah, akan membuat bakteri dan jamur berkembang biak dengan pesat. Hal ini akan memicu penyakit telinga dan menyebabkan peradangan. Jika telinga kemasukan air saat berenang atau mandi, segera keluarkan air dengan memiringkan kepala. Lalu keringkan telinga dengan handuk yang lembut.

5. Kurangi Stres

Tinnitus adalah salah satu gangguan telinga yang menyebabkan telinga menjadi berdenging. Tinnitus dapat terjadi pada saat seseorang mengalami stres berat atau mendengar suara yang keras. Sebaiknya kelola stres dengan baik, untuk mencegah terjadinya tinnitus.

Cara Merawat Telinga yang Terakhir

6. Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur bisa membuat tubuh menjadi sehat. Selain itu, olahraga juga bisa membuat peredaran darah pada telinga menjadi lebih lancar. Namun, saat olahraga sebaiknya jangan mendengarkan suara yang terlalu keras, atau berteriak dengan keras saat senam.

7. Kontrol Secara Rutin

Cara merawat telinga yang terakhir adalah dengan melakukan kontrol secara rutin. Kontrol telinga secara rutin di THT dapat dilakukan setiap 3 hingga 5 tahun sekali, jika tidak memiliki keluhan khusus pada telinga. Perawatan rutin ini bisa membantu mencegah penyakit telinga sejak dini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading