Sukses

Health

5 Makanan untuk Menunjang Kesehatan Otak, Salah Satunya Kesukaan Orang Indonesia

Fimela.com, Jakarta Makanan adalah salah satu komponen penting untuk menunjang kesehatan organ tubuh, termasuk otak. Beberapa makanan memiliki kandungan yang mampu membantu menjaga kinerja otak tetap baik dan meningkatkan kesehatan mental.

Kesehatan otak penting untuk dijaga karena otak adalah pengendali semua fungsi tubuh manusia. Saat otak bermasalah, maka fungsi organ tubuh lain akan menurun juga. Untuk menjaga kesehatan otak, berikut 5 makanan yang memiliki kandungan baik bagi otak melansir dari Everyday Health.

1. Ikan Sarden

Ikan sarden yang biasa ditemukan dalam bentuk kalengan menjadi salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3 yang dibutuhkan otak. Sebuah penelitian pada jurnal Nutrients menemukan fakta bahwa mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon dan sarden dapat menurunkan risiko depresi.  Selain itu mengonsumsi omega-3 lebih banyak dapat membantu melawan sakit kepala.

2. Telur

Nutrisi yang tidak boleh terlewat untuk kesehatan otak adalah kolin. Kolin yang ditemukan di membran sel dan asetilkolin kimia saraf berfungsi untuk mengatur memori. Pada ibu hamil, kolin diperlukan untuk tumbuh kembang otak janin. Telur mengandung banyak kolin khususnya kuning telur. Mengonsumsi dalam jumlah cukup memberi manfaat untuk mengoptimalkan fungsi otak.

3. Bayam

Banyak sayuran hijau yang kaya akan nutrisi, termasuk bayam yang memiliki nutrisi yang dibutuhkan otak. Bayam yang tinggi antioksidan karotenoid termasuk beta-karoten dan lutein dapat mengoptimalkan fungsi kognitif otak.

4. Tempe

Berasal dari kedelai yang diolah, tempe yang mengandung 20 gram protein bermanfaat bagi kesehatan otak. Selain itu tempe juga mengandung zat besi yang membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke otak agar berfungsi dengan baik.

5. Alpukat

Studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat setiap hari selama enam bulan memiliki memori yang baik dan cepat tanggap dalam berpikir. Alpukat yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal, folat, dan serat yang dapat menjaga otak dari penuaan.

Banyak penyakit yang akan ditimbulkan saat kinerja otak tidak optimal. Tidak hanya itu, fungsi dari organ tubuh lain juga akan terganggu bila kesehatan otak diabaikan. Gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, olahraga, dan latihan kebugaran mental dapat membantu menjaga kesehatan otak.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

What's On Fimela
Loading