Sukses

Health

4 Penyebab Miss V Gatal yang Umum Terjadi Namun Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Miss V merupakan salah satu bagian tubuh terpenting bagi setiap perempuan. Penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan miss V demi dapatkan tubuh yang lebih sehat dan nyaman. Saat miss V gatal, tentu hal ini menimbulkan rasa ketidaknyamanan sendiri bagi setiap perempuan. 

Untuk masalah miss V gatal yang masih ringan, dengan menjaga kebersihannya masalah ini bisa diselesaikan secara perlahan di rumah. Namun jika rasa gatal semakin parah dan disertai dengan munculnya bisul atau ruam kulit sekitar miss V, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi ini ke dokter ahlinya. 

Miss V yang gatal bisa disebabkan oleh bakteri. Tapi tidak menutup kemungkinan hal ini juga terjadi karena adanya risiko kesehatan yang lebih berbahaya. Berikut adalah beberapa penyebab miss V gatal yang sering terjadi namun cukup jarang disadari dikutip dari laman healthline.com.

Iritasi Miss V

Penyebab pertama dari miss V yang gatal adalah iritasi miss V atau vagina. Iritasi bisa terjadi karena penggunaan suatu produk, penggunaan celana yang terlalu ketat atau penggunaan tisu basah serta produk berbahan kimia lainnya.

Infeksi Jamur

Miss V gatal juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur. Infeksi jamur lebih sering terjadi pada perempuan yang sedang hamil, konsumsi antibiotik tertentu, aktif berhubungan intim dan memiliki miss V yang lembab karena obesitas atau penggunaan celana dalam pada waktu yang cukup lama lebih dari sehari. Infeksi jamur juga memungkinkan perempuan mengalami keputihan selain miss V gatal.

Menopause

Perempuan yang sudah memasuki menopause atau masa di mana ia tak lagi haid atau menstruasi juga lebih rentan merasa gatal di miss V. Umumnya hal ini terjadi pada perempuan yang telah berusia di atas 45 tahun. Gatal di miss V akan diperparah ketika perempuan ini kurang menjaga kebersihan miss V.

Stres

Para ahli percaya jika stres menyebabkan berbagai masalah kesehatan salah satunya miss V gatal. Kenapa hal ini terjadi? Stres merupakan salah satu hal yang menurunkan daya tahan tubuh seseorang melemah. Saat daya tahan tubuh melemah, ini meningkatkan risiko miss V gatal atau masalah kesehatan lainnya. 

Itulah beberapa penyebab kenapa miss V gatal yang umum terjadi namun cukup jarang disadari. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading